Masyarakat yang hendak ke Cianjur kami imbau untuk melewati jalur Ciawi, Sukabumi dan Jonggol,"
Bogor (ANTARA News) - Kepolisian Resor Bogor mengimbau masyarakat yang hendak ke Cianjur untuk melintasi jalur alternatif di Ciawi, Sukabumi dan Jonggol menyusul longsor yang menutup Jalan Raya Puncak hingga memutuskan arus lalu lintas dari Bogor menuju Cianjur ataupun sebaliknya.

"Masyarakat yang hendak ke Cianjur kami imbau untuk melewati jalur Ciawi, Sukabumi dan Jonggol," kata Kepala Polisi Resor Bogor, AKBP Asep Safrudin, Rabu.

Tanah longsor terjadi di wilayah Bukit Indah Puncak, Cianjur, atau berjarak sekitar 4 km dari perbatasan Bogor dan Cianjur.

Longsoran tanah menutup badan jalan hingga tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda empat maupun roda dua.

Kapolres menyebutkan, lokasi tanah longsor berada di wilayah hukum Cianjur. Pembenahan tanah longsor itu sudah dilakukan personel Polres Cianjur.

"Tapi kami belum mendapat informasi, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengevakuasi tanah longsor dan pembersihan bongkahan tanah agar jalur Puncak dapat pulih kembali," kata AKBP Asep.

Polres mengatakan, jajaran Polres Bogor membantu penanganan longsor dengan mengantisipasi kendaraan dari arah Bogor yang hendak ke Cianjur akan dialihkan melalui Ciawi dan Sukabumi dari Simpang Gadog.

"Antisipasi dari Polres Bogor, kami telah menginformasikan pengalihan arus kepada petugas Tol di baik tol Cibubur, dan Jagorawi," kata Kapolres.

Kapolres menambahkan, kendaraan yang sudah terlanjur sampai di pertigaan Gadog akan diarahkan menuju Ciawi dan Sukabumi untuk bisa ke Cianjur.

"Diharapkan masyarakat bisa bersabar hingga longsor yang menutup badan jalan bisa diatasi," kata Kapolres.

(KR-LR/B/Z003)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013