Makassar (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan Khaeroni berkeliling daerah menghadiri manasik haji yang diselenggarakan oleh Kantor Kemenag daerah.

Kakanwil Kemenag Sulsel Khaeroni di Takalar, Sabtu, menyampaikan arahannya jika pelaksanaan ibadah haji tahun ini akan diikuti oleh sebagian jamaah haji berusia lanjut.

"Saling menjaga dalam kebaikan adalah perintah agama. Tahun ini jamaah haji yang berusia lanjut sedikit lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga semua jamaah haji bisa saling berbagi kebahagiaan dan saling menjaga," ujarnya.

Khaeroni menyebut jika tahun ini jamaah haji lansia di Sulsel sebanyak 364 orang dan mereka butuh penanganan khusus. Olehnya itu, tagline haji tahun ini adalah Haji Berkeadilan Ramah Lansia.

Baca juga: Ketua Komisi VIII DPR RI hadiri manasik haji di Sulawesi Selatan

Baca juga: 8.968 calon haji akan berangkat melalui Bandara Kertajati


Khaeroni juga berpesan, mulai saat ini jamaah haji harus menjaga kondisi fisik karena haji ini ibadah fisik, butuh stamina lebih, dan begitu tiba di tanah suci, manfaatkan waktu sebaik baiknya untuk ibadah.

"Jadi perbanyak Ibadah dan doa. Jangan malah belanjaannya yang diperbanyak" tuturnya.

Kabid PHU Kanwil Kemenag Sulsel Ikbal Ismail saat menyampaikan materi terkait kebijakan teknis dan alur perjalanan haji sejak di tanah air, di asrama haji, tanah suci sampai kembali ke tanah air musim haji 1444 H/2023 M.

Mantan Kepala UPT Asrama Haji Sudiang Makassar ini meminta kepada seluruh jamaah haji Takalar yang masih memiliki fisik yang kuat dan stamina prima, agar bisa mengikhlaskan tenaganya membantu jamaah lansia yang ada di kloternya

Selain itu, Ikbal Ismail juga menceritakan kesuksesan dan keberhasilan Indonesia selama beberapa tahun berturut-turut diakui sebagai penyelenggara ibadah haji terbaik di dunia.

"Oleh karena itu jaga nama baik negara dan daerah kita selama beribadah dan ikuti petunjuk, aturan dan instruksi dari petugas haji selama pelaksanaan ibadah haji," ucapnya.

Pj Bupati Takalar Setiawan Aswad mengapresiasi Kakanwil Kemenag Sulsel beserta jajarannya yang sudah bekerja keras dan maksimal dalam mempersiapkan keberangkatan jamaah haji di Sulsel, khususnya Jamaah Haji Takalar.

Selain itu, Pelaksana tugas Bupati Takalar ini membeberkan kepada jamaah haji agar mempersiapkan finansial, fisik, pengetahuan dan psikologis sebelum berangkat ke tanah suci.

"Para jamaah haji adalah duta daerah dan duta negara Indonesia, olehnya itu jaga nama baik daerah dan bangsa kita, jangan lupa berikan doa terbaik untuk keluarga, daerah dan bangsa kita," ucapnya.*

Baca juga: Kemenag: 227 calon haji Kabupaten Rejang Lebong lunasi Bipih

Baca juga: Kemenag: Pelunasan biaya haji diperpanjang hingga 12 Mei

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023