Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya melalui Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Distanpan)membantu puluhan ekor ternak sapi  kepada empat kelompok tani di daerah itu, sebagai upaya mendukung program swasembada daging nasional.
Kepala Bidang Peternakan pada Distanpan Kabupaten Aceh Barat Daya, EZ Muntasir di Blangpidie, Sabtu, mengatakan pihaknya memilih jenis sapi lokal Aceh untuk dibagikan kepada kelompok ternak guna dikembangbiakkan sehingga menjadi sumber ekonomi masyarakat.


"Semua anggaran untuk kebutuhan pengadaan bantuan ini bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) tahun 2023 dengan total keseluruhan sekitar Rp700 juta," kata Muntasir.

Ia menjelaskan empat kelompok yang akan mendapatkan bantuan sapi Aceh tersebut yakni dua kelompok di Kecamatan Babahrot, satu kelompok di Kecamatan Kuala Batee dan satu kelompok di Kecamatan Jeumpa.

Selain itu, lanjut dia, Distanpan  juga akan menyalurkan puluhan ekor ternak kambing kepada kelompok tani sebagai upaya pemerintah daerah menurunkan angka stunting dan mencegah inflasi.

Dikatannya, semua ternak bantuan untuk masyarakat tersebut merupakan bagian dari usulan  anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) kabupaten  dalam rangka mendorong sektor peternakan di daerah.

"Bantuan ternak ini akan kita didistribusikan pada bulan Mei dan Juli 2023 ini. Kalau untuk kandang dan pakan, itu tidak ada, hanya ternak saja," ujarnya.

Baca juga: Mentan: populasi sapi potong meningkat
Baca juga: Guru Besar IPB paparkan solusi capai swasembada daging sapi
Baca juga: Mentan: Intervensi perlu untuk capai swasembada daging sapi

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023