Cianjur (ANTARA News) - Hujan deras yang disertai angin kencang telah menumbangkan pohon-pohon di sejumlah kawasan di Cianjur, Jawa Barat, pada Kamis.

Satu rumah rumah dilaporkan ambruk tertimpa pohon dan dua orang pengendara sepeda motor dilarikan ke RSUD Cianjur juga karena tertimpa pohon.

Rumah semi permanen milik keluarga Siti Jenab (53), warga Kampung Waas, Desa Bojong, Kecamatan Karangtengah, ambruk tertimpa pohon tumbang.

"Saya sedang masak di dapur, suami sedang di sawah tiba-tiba saja pohon yang usianya sudah ratusan tahun tumbang dan langsung menimpa rumah saya," kata Siti.

Saat ini, Siti dan keluarga terpaksa menumpang di rumah tetangga karena rumah mereka tidak dapat ditempati. Dia berharap mendapat bantuan dari pemerintah untuk membangun kembali rumahnya.

Sementara pohon tumbang di daerah Cangklek, Kecamatan Cugenang, telah menyebabkan dua pengendara motor terluka serius di sekitar wajah dan tangannya akibat tertimpa pohon.

"Saya baru pulang dari Cianjur hendak pulang ke rumah, pas melintas di daerah Cangklek tiba-tiba pohon tumbang dan langsung menimpa motor saya," kata Ending Sadili (50), salah seorang korban yang asal Kampung Gunung Lanjung 2, Desa Cijedil, Cugenang.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, mengimbau warga untuk waspada selama bulan Januari-Februari, di mana cuaca akan sangat ekstrem.

Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Asep Suhara, menuturkan angin kencang yang terjadi hari ini, mengakibatkan sejumlah pohon tumbang. Pihaknya mencatat, kejadian pohon taumbang setidaknya terjadi di tiga titik.

"Angin kencang sangat berpotensi mengakibatkan pohon tumbang dan angin puting beliung, salah satunya terjadi di Kampung Waas Kecamatan Karangtengah yang mengkibatkan satu rumah rata dengan tanah," katanya.

Dia menambahkan, tim koordinasi penanganan pohon yang rawan tumbang, telah melakukan pemangkasan, melibatkan berbagai organisasi perangkat daerah (OPD).

(KR,FKR)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013