Kami juga telah mengerahkan personel untuk membantu korban membersihkan puing-puing reruntuhan
Muaradua (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan menyalurkan bantuan untuk korban bencana alam angin kencang yang merusak satu unit rumah warga di Desa Simpang Saga, Kecamatan Buay Runjung.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Selatan, Heri Pramono di Muaradua, Sabtu mengatakan bahwa bencana angin kencang yang terjadi pada Rabu (27/3) malam memporak-porandakan rumah korban Jumadi warga desa setempat.

"Beruntung akibat bencana alam tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa ataupun korban luka-luka," katanya.

Hanya saja, kata dia, akibat tiupan angin kencang rumah korban yang dihuni bersama lima orang anggota keluarganya itu hancur di bagian atap dan depan rumah hingga tidak layak ditempati.

Terkait hal itu, pemerintah daerah setempat menyalurkan bantuan cadangan pangan, pakaian, dan bantuan keuangan untuk meringankan kebutuhan pokok sehari-hari.

Baca juga: Pegadaian salurkan bantuan untuk warga terdampak angin kencang di Sumedang
Baca juga: Pemprov Sulsel salurkan bantuan untuk korban angin kencang di Maros


Bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian Pemkab OKU Selatan untuk meringankan beban korban.

"Kami juga telah mengerahkan personel untuk membantu korban membersihkan puing-puing reruntuhan atap rumah agar bisa kembali ditempati," ujarnya.

Heri  kembali mengingatkan agar masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan menghadapi potensi bencana susulan supaya tidak menimbulkan korban jiwa.

Masyarakat diminta menghindari lokasi yang terdapat pohon besar yang rentan tumbang untuk mencegah terjadinya bencana serupa di masa yang akan datang.

"Kami juga terus melakukan pemantauan peringatan dini dari BMKG untuk diteruskan kepada masyarakat agar lebih waspada," tegasnya.

Baca juga: Pemkab Bangka Barat salurkan bantuan untuk korban angin kencang
Baca juga: Pemkab Sidrap salurkan bantuan bagi korban terdampak angin kencang
Baca juga: Guru dan siswa korban angin kencang terima bantuan dari MKKS

 

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024