Labuan Bajo (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyebut pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN menjadi momentum untuk mempromosikan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) supaya semakin dikenal dunia.

"Ini momentum yang sangat baik kita adakan KTT ASEAN di Labuan Bajo untuk me-marketingi Labuan Bajo, supaya semua dunia tahu di Indonesia ada yang namanya Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur," kata Jokowi di Bandara Komodo Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Minggu sore.

Dia pun menyambut baik keterlibatan semua pihak untuk menyukseskan kegiatan internasional tersebut.

Baca juga: ASEAN harus bertindak bersama untuk terus tumbuh secara inklusif

Jokowi mengatakan ada penyambutan, penyiapan kuliner, penyiapan homestay, dan hotel yang menunjukkan dukungan terhadap kegiatan itu.

Dia mengakui bahwa tidak banyak kamar yang tersedia, padahal pemerintah daerah telah menyiapkan kapal sebagai tempat menginap.

Meski demikian, lanjutnya, KTT ke-42 ASEAN tetap menjadi momen baik bagi Labuan Bajo untuk semakin dikenal baik secara nasional maupun internasional.

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana tiba di Bandara Komodo, Labuan Bajo, Minggu sore, pukul 15.32 Wita dengan menggunakan pesawat kepresidenan.

Baca juga: TNI dan Polri perkuat sinergi lewat Tactical Floor Game

Kedatangan Jokowi dan Iriana disambut oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Laksamana TNU Yudo Margono, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, dan Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi.

Jokowi pun menyatakan KTT ke-42 ASEAN telah siap dilaksanakan di Labuan Bajo.

"Tinggal dua hari lagi, sudah siap, semuanya sudah siap, siap semua," ujar Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi sebut KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo telah siap

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023