Beijing (ANTARA) - Beijing, 6 Mei (Xinhua) - China semakin menyempurnakan mekanisme pembayaran tagihan medis secara langsung (on the spot) lintas provinsi melalui rekening asuransi kesehatan dasar, yang menguntungkan lebih banyak warga migran yang membutuhkan perawatan medis.

Di bawah skema asuransi kesehatan dasar saat ini, pekerja migran di daerah pedesaan, warga lanjut usia (lansia) yang pindah untuk tinggal bersama anak mereka, dan warga migran lainnya diizinkan untuk membayar biaya pengobatan mereka yang dikeluarkan di luar provinsi tempat asal mereka.

Pembayaran on the spot tagihan medis rawat jalan lintas provinsi direalisasikan pada sekitar 364.400 institusi medis yang ditunjuk secara nasional, dengan lebih dari 17,4 juta aplikasi pembayaran tagihan disetujui selama tiga bulan pertama 2023, menurut data yang dirilis oleh Administrasi Jaminan Perawatan Kesehatan Nasional (National Healthcare Security Administration/NHSA).

Terdapat rumah sakit yang ditunjuk untuk pembayaran tagihan rawat jalan lintas provinsi di semua area setingkat wilayah di seluruh China, sebut NHSA.

Dari Januari hingga Maret, jumlah pembayaran on the spot tagihan medis rawat inap lintas provinsi mencapai 2,1 juta, tunjuk data resmi.

Skema asuransi kesehatan dasar China memberikan pertanggungan kepada sekitar 1,36 miliar orang, dengan tingkat pertanggungan masih berada di atas 95 persen dari total populasi. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023