Bencana itu sempat mengganggu pengguna jalan nasional Banda Aceh - Abdya karena terjadinya luapan air sungai Desa Ie Mirah, Babahrot.
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh menurunkan tim untuk melakukan kajian teknis secara cepat terkait penyebab banjir di Kecamatan Babahrot, dalam upaya meminimalisasi peristiwa banjir ketika daerah tersebut diguyur hujan deras.

Pj Bupati Abdya Darmansah, Ahad mengatakan dirinya telah memerintahkan tim teknis untuk melakukan kajian normalisasi sekaligus menghilangkan patahan atau belokan aliran sungai Desa Ie Mirah, Babahrot guna menghindari banjir saat hujan deras.

"Soal Krueng Ie Merah, Pemkab Abdya segera melakukan kajian agar dilakukan normalisasi dan menghilangkan patahan atau belokan sungai yang begitu parah," kata Darmansah di sela-sela meninjau Desa Ie Mirah, Abdya.

Peristiwa banjir melanda Abdya pada Sabtu (6/5) malam. Bencana itu sempat mengganggu pengguna jalan nasional Banda Aceh - Abdya karena terjadinya luapan air sungai Desa Ie Mirah, Babahrot.

Sebab itu, ia membawa sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) ke lokasi kejadian untuk mencari penyebab banjir luapan dari sungai Ie Mirah, sekaligus solusi yang dapat dilakukan ke depan.

Menurut dia, ada dua penyebab banjir di Desa Ie Mirah yang harus ditangani dengan cepat, di antaranya kondisi sungai Ie Mirah yang banyak belokan sehingga perlu dilakukan penanganan segera untuk menghindari banjir.

Kemudian, kondisi jembatan sungai Ie Mirah yang memiliki pilar tengah sehingga menjadi tempat tersangkut kayu dan sampah yang dibawa air sungai, sehingga bisa menyebabkan banjir.

Karena itu, lanjut dia, menyangkut dengan pilar dan kondisi jembatan Krueng Ie Mirah yang sempit, maka pihaknya perlu melakukan koordinasi dengan pihak Balai Sungai Sumatera 1.

"Saya sudah perintahkan Kadis PUPR untuk berkoordinasi dengan pihak balai, di Banda Aceh," ujarnya.

Ia menilai apabila kedua hal tersebut dapat diatasi dengan baik maka banjir luapan di Desa Ie Mirah tidak akan terjadi lagi. Kemudian arus lalulintas di jalan nasional menjadi lancar meskipun saat turun hujan deras.

"Terkait banjir di Desa Ie Mirah Kecamatan Babahrot ini kita serius menanganinya," demikian Darmansah.

Baca juga: Bupati menetapkan Abdya status darurat bencana

Baca juga: Lima kecamatan di Aceh Barat Daya dilanda banjir akibat hujan deras

Baca juga: Banjir melanda pemukiman warga di Aceh Barat Daya

Baca juga: Aceh Barat Daya Terkena Banjir

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023