Las Vegas (ANTARA News) - ZTE Corporation berencana memasarkan ponsel pintar (smartphone) bersistem operasi Mozilla Firefox di pasar Eropa pada 2013 melalui kerjasama dengan sejumlah operator.

Pemimpin ZTE Amerika Serikat, Cheng Lixin seperti dilansir Bloomberg, mengatakan produsen peralatan ponsel asal China itu berusaha bekerjasama dengan pembuat sistem operasi baru perangkat ponsel agar mengurangi ketergantungan Google Android.

"Kami selalu memantau ekosistem dan bagaimana itu (sistem operasi Firefox) berkembang. Jika itu siap dan jika riset konsumen mendukung data itu, kami mungkin akan meluncurkannya di AS juga pada tahun ini," kata Cheng.

Meski belum menyatakan spesifikasi ponselnya, sejumlah media memperkirakan ponsel ZTE V788d dengan prosesor 1,5 Ghz, RAM 512MB, dan layar 3,5 inci yang akan mengusung sistem operasi Firefox.

Sementara, Wakil Presiden Produk Mozilla, Jay Sullivan, mengatakan lembaganya sedang bekerjasama dengan pabrikan prosesor ponsel Qualcomm Incorporated dan TCL Communication Technology Holdings Ltd, serta ZTE pada perangkat.

"Ketertarikan dan momentum terus meningkat pada Firefox OS," sebut Sullivan.

Sebelumnya, Mozilla berencana memasarkan smartphone bersistem operasi Firefox di negara-negara berkembang pada 2013.

 (I026)

Penerjemah: Imam Santoso
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013