Tahap pertama sudah selesai tiga lantai, kemudian di tahun 2023 ini akan berjalan pembangunan tahap kedua dan pada 2024 untuk tahap ketiganya
Tangerang (ANTARA) - Pembangunan asrama haji tingkat Provinsi Banten yang berlokasi di Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang untuk tahap pertama sudah selesai, yakni tiga lantai dan saat ini sedang tahap kedua hingga selesai tahun 2024.

"Tahap pertama sudah selesai tiga lantai, kemudian di tahun 2023 ini akan berjalan pembangunan tahap kedua dan pada 2024 untuk tahap ketiganya," kata Kepala Kemenag Kota Tangerang H. Samsudin di Tangerang, Senin.

Pernyataan itu juga disampaikannya saat menutup acara Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kota Tangerang Tahun 1444 Hijriyah / 2023 M di Tangerang, Ahad (7/5).

Ia menjelaskan Pemkot Tangerang telah menghibahkan tanah seluas 4,4 hektar kepada Kementerian Agama untuk pembangunan asrama haji tingkat Provinsi Banten.

"Sesuai keinginan Wali Kota, agar asrama haji di tahun 2023 dapat dipergunakan. Namun hanya untuk pemulangan jamaah haji asal Provinsi Banten saja," ujarnya.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menyatakan pelaksanaan ibadah haji bagi jamaah asal Kota Tangerang tentunya akan semakin berjalan lebih efektif jika pembangunan asrama haji Provinsi Banten di Kota Tangerang yang hampir rampung bisa segera digunakan.

"Mengingat keberangkatan jamaah haji melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta yang notabene berada di Kota Tangerang ini dapat mempermudah mobilisasi para jamaah haji," ujarnya.

Selain itu, Wali Kota meminta kepada 1500 orang calon haji bisa saling bantu antar jemaah ketika berada di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.

"Di sini kalau ada keadaan darurat bisa telepon 112, tapi bila di sana kan jauh dari Tanah Air. Saya pesan pada bapak, ibu semua agar saling jaga terutama dengan saudara kita sesama warga Indonesia khususnya jamaah haji asal Kota Tangerang,” katanya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Tangerang, H. Sahrudin menjelaskan ibadah haji ini bukanlah ibadah yang biasa melainkan karena panggilan Allah SWT. Oleh karena itu harus ditunaikan dan dilaksanakan dengan khusyuk dan menjaga sikap serta perilaku ketika nanti menginjakkan kaki di Tanah Suci.

"Perhatikan dengan baik, karena ini semua adalah petunjuk, tata cara agar nantinya kita dapat menjadi haji yang mabrur. Karena itu rukun hajinya harus sesuai. Kondisi fisik juga harus dipersiapkan karena ibadah ini membutuhkan kondisi fisik yang fit dan juga prima," katanya.

Ia menegaskan Pemkot Tangerang berkomitmen untuk terus mendukung dan memfasilitasi berbagai program serta kegiatan untuk masyarakat di Kota Tangerang termasuk kegiatan-kegiatan keaamaan khususnya terkait dengan pemberangkatan calon haji.

"Kami apresiasi segala upaya Kemenag karena sinergi dan kolaborasinya dengan Pemkot Tangerang ini dapat terselenggara kegiatan manasik haji yang nantinya dapat memberikan bekal ilmu dan wawasan bagi para jamaah haji kita di sana," demikian Sahrudin.

Baca juga: Pemkot - Kemenag membahas pengembangan lebih lanjut Asrama Haji Kota Tangerang

Baca juga: Kemenag: Kapasitas asrama haji di Kota Tangerang bisa tiga kloter

Baca juga: DPR: Asrama Haji Kota Tangerang ditargetkan beroperasi pada 2023

Baca juga: Estimasi pembangunan asrama haji Tangerang sebesar Rp 100 miliar

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023