Sebanyak tiga agenda pada penyelenggaraan festival durian, yaitu selamatan durian, kontes durian unggulan, dan kenduri durian atau yang lebih kenal makan durian bersama-sama,"
Pekalongan (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah akan menyelenggarakan Festival Durian Lolong sebagai upaya mempromosikan andalan hasil pertanian dan melestarikan tradisi budaya daerah setempat pada wisatawan.

Ketua Forum Ekonomic Development and Educational Promotion Kabupaten Pekalongan Thomas Hariyadi di Pekalongan, Jumat, mengatakan bahwa festival durian tersebut rencananya diselenggarakan di kawasan wisata Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar.

"Sebanyak tiga agenda pada penyelenggaraan festival durian, yaitu selamatan durian, kontes durian unggulan, dan kenduri durian atau yang lebih kenal makan durian bersama-sama," katanya.

Ia mengatakan bahwa festival durian tersebut juga bertujuan mengenalkan produk durian berasal dari Desa Lolong sebagai "The King of Tropical Fruit" dan melestarikan nilai tradisi petani dalam melakukan pembudidayaan tanaman durian lokal di Kecamatan Doro, Karanganyar, dan Kajen.

"Festival durian ini memang kami selenggarakan setiap tahunnya. Oleh karena itu, kami berharap kegiatan festival akan membawa dampak postif terhadap peningkatan kunjungan wisatawan ke daerah setempat," katanya.

Muna Ambon, seorang pencinta buah durian mengatakan bahwa dirinya mendukung adanya penyelenggaran festival durian di Desa Lolong karena selain pengunjung dapat menikmati kelezatan makan durian juga mereka bisa menikmati keindahan obyek wisata alam.

"Aroma dan kelezatan durian berasal dari Lolong memang sudah banyak dikenal oleh masyarakat setempat dan daerah lainnya sehingga kami optimistis penyelenggaraan festival durian akan banyak dikunjungi wisatawan," katanya.
(KR-KTD/Z003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013