USK menyediakan kuota mahasiswa baru untuk jalur UTBK-SNBT 40 persen, jalur SNBP kuota 25 persen, jalur mandiri kuota 35 persen.
Banda Aceh (ANTARA) - Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Syiah Kuala (USK) Prof Agussabti menyebutkan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) di USK berlangsung di 12 lokasi.

“Alhamdulillah pelaksanaan ujian UTBK SNBT di Unsyiah berjalan lancar sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik USK di sela-sela meninjau proses UTBK di Darussalam, Banda Aceh, Senin.

Pada tahun 2023 ada 9.758 peserta dari berbagai lulusan sekolah yang ada di Aceh khususnya akan berkompetisi untuk menjadi mahasiswa USK lewat jalur UTBK.

Ujian yang akan berlangsung hingga Minggu 14 Mei 2023 itu berlangsung di 12 lokasi di lingkungan Universitas Syiah Kuala dengan sesi tes berlangsung 14 kali.

Dijelaskan, dalam satu hari pelaksanaan UTBK terdiri dari dua sesi yakni sesi pagi dan sesi siang, di mana sesi pagi dilaksanakan mulai pukul 06.45-10.30 WIB, sedangkan sesi siang dilaksanakan mulai pukul 13.00-16.45 WIB.

Prof Agussabti berharap peserta tidak perlu khawatir, selama usaha maksimal, dibarengi doa yang tak henti, maka peluang untuk lulus terbuka lebar

"Insya Allah bila peserta datang dengan persiapan matang dan kerja keras,maka peluang lulus lebih nyata. Jangan khawatir, USK memastikan setiap tahapan berlangsung jujur, dan sangat berkomitmen mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecurangan. Alhamdulillah sejauh ini di USK steril dari joki," kata WR I.

Agussabti juga menambahkan USK menyediakan kuota mahasiswa baru untuk jalur UTBK-SNBT tersebut yaitu 40 persen. Dimana sebelumnya yaitu jalur SNBP, USK sudah menerima mahasiswa baru untuk jalur tersebut dengan kuota 25 persen, sementara untuk jalur mandiri kuota 35 persen.

"Yang perlu diperhatikan saat ujian di antaranya adalah membawa dokumen kelengkapan ujian, yaitu kartu peserta ujian dan identitas diri baik berupa KTP ataupun kartu pelajar. Peserta juga diharapkan hadir minimal 30 menit sebelum ujian dimulai," katanya

Untuk Informasi lengkap tahapan seleksi SNBP ini dapat dilihat pada laman resmi USK atau media sosial USK. Atau dapat menghubungi call center Humas USK pada nomor: 0811-6752-000.
Baca juga: 9.758 peserta ikut UTBK SNBT di USK
Baca juga: 1.740 peserta ikuti UTBK-SNBT di Unesa
Baca juga: 3.854 peserta ikuti UTBK-SNBT 2023 di kampus UI


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023