Labuan Bajo (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengoptimalkan pemanfaatan alat Marine Automatic Weather Station (MAWS) di Pelabuhan Multipurpose Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT untuk mengukur parameter meteorologi maritim selama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN.

"Ini bisa dimanfaatkan agar terjaga keselamatan beraktivitas di laut," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo di Stasiun Meteorologi Komodo Labuan Bajo, Manggarai Barat, Senin.

MAWS adalah peralatan observasi yang ditempatkan di pelabuhan atau pantai dan berfungsi untuk mengukur parameter meteorologi maritim seperti arah dan kecepatan angin, suhu udara, dan kelembapan udara.

Alat tersebut juga dapat berfungsi untuk mengukur radiasi matahari, curah hujan, suhu permukaan laut, konduktivitas/salinitas, pH, dan muka air laut.

Eko mengatakan alat tersebut dapat menjadi sumber informasi cuaca maritim yang juga dikirim ke para pihak terkait yang melakukan aktivitas di laut.  

Dalam momentum KTT ke-42 ASEAN ini sendiri, katanya, ada aktivitas makan malam di pinggir laut, rencana perjalanan ke destinasi wisata, termasuk penginapan terapung yang semuanya membutuhkan informasi cuaca maritim terkini.

"Sudah disiapkan, berkoordinasi di lapangan dengan KSOP juga agar semua bisa berjalan baik," ungkap Eko.

Selain mengoptimalkan MAWS yang telah terpasang di Pelabuhan Multipurpose sejak Mei 2022, BMKG juga telah menyiapkan radar maritim.

"Radar Maritim atau atau HF Radar memantau pergerakan arus secara realtime," kata Eko.

BMKG telah mencatat beberapa potensi bencana di Manggarai Barat, salah satunya gelombang air laut ekstrem.

Oleh karena itu BMKG mengambil berbagai upaya mitigasi, salah satunya menempatkan sejumlah peralatan untuk memonitor dan mendeteksi dini bencana.

BMKG juga telah menyiagakan 14 stasiun BMKG di NTT serta stasiun lainnya yang tersebar di wilayah Indonesia.

Rangkaian KTT ke-42 ASEAN diawali dengan Senior Official Meeting di MICE Golo Mori Labuan Bajo hari ini. Selanjutnya para kepala negara ASEAN dijadwalkan tiba di Labuan Bajo, Selasa, dan mengikuti welcoming dinner pada Rabu mendatang.

Baca juga: BMKG gandeng BRIN pastikan cuaca kondusuf saat KTT ASEAN Labuan Bajo

Baca juga: Menkominfo nyatakan media center KTT ke-42 ASEAN siap digunakan

Baca juga: KRI Wahidin Sudirohusodo siagakan 11 dokter spesialis saat KTT ASEAN

 

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023