Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan fasilitas media center telah siap digunakan untuk mendukung aktivitas peliputan Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN oleh jurnalis dari dalam maupun luar negeri.

"Jadi memang pengamatan saya secara keseluruhan Media Center KTT ASEAN ke-42 ini sudah siap," kata dia dalam rilis pers, Senin.

Hal itu dikatakannya saat meninjau lokasi media center di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Senin.

Baca juga: Menko PMK pimpin sidang Dewan Menteri Pilar Sosial Budaya ASEAN ke-29

Menteri Johnny menjelaskan fasilitas yang bisa digunakan jurnalis mencakup ruang kerja serta jaringan LAN (local area network) untuk melakukan komunikasi dengan cepat.

"Sudah tersedia bandwidth-nya cukup. Tadi saya cek uplink dan downlink-nya cukup cepat," ujarnya.

Menurut Menkominfo, seluruh fasilitas yang tersedia itu telah digunakan saat Presiden Joko Widodo memberikan media briefing di media center hari ini.

Dia memastikan media center sudah siap dan mencukupi di tengah keterbatasan yang ada di Labuan Bajo. Dia mengatakan layanan media untuk KTT ke-42 ASEAN menggunakan tolok ukur penyelenggaraan KTT G20 di Bali tahun lalu.

Saat meninjau fasilitas Media Center KTT ke-42 ASEAN, Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong, Direktur Informasi Politik Hukum dan Keamanan Ditjen IKP Bambang Gunawan, serta Kepala Biro Humas Kominfo Rhina Anita.

Baca juga: KTT ASEAN, kunjungan wisman ke Labuan Bajo diharapkan naik 30 persen

Baca juga: ASCC 2023 sepakati empat komitmen untuk dibahas di KTT ASEAN

Baca juga: Kemenhub tak tutup akses penerbangan reguler ke Labuan Bajo

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023