Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memberikan apresiasi kepada pengelola media komunikasi publik pemerintah pusat dan daerah melalui Anugerah Media Center (AMC) 2024.

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria menyampaikan bahwa ajang penghargaan itu merupakan salah satu tolok ukur kinerja dan kolaborasi dalam pelaksanaan tugas komunikasi publik pemerintah pusat dan daerah.

"Anugerah Media Center ini adalah bentuk apresiasi Kementerian Kominfo terhadap capaian-capaian yang diperoleh oleh setiap pusat media baik kementerian dan lembaga, pemerintah kabupaten/kota, maupun provinsi," katanya sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian pada Kamis.

Usai menghadiri acara puncak AMC 2024 di Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/3), Nezar mengatakan bahwa perhelatan AMC merupakan kegiatan tahunan untuk memberikan penilaian dan evaluasi bagi setiap instansi yang memiliki dan menjalankan pusat media untuk mendukung komunikasi publik pemerintah.

Ajang penghargaan tersebut bukan hanya untuk pusat media pemerintah, melainkan juga mitra seperti media massa lokal yang selama ini berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam membangun komunikasi yang lebih efektif, konstruktif, dan positif guna menyampaikan program dan pesan dari pemerintah ke masyarakat.

Nezar sebelumnya mendorong pemerintah pusat dan daerah untuk beradaptasi dan memanfaatkan media digital dalam melakukan komunikasi strategis.

"Suatu keniscayaan bahwa kita tidak bisa mengelak dari media digital. Kita juga harus mengubah strategi komunikasi dalam mendekati ataupun memproduksi isu-isu yang strategis, isu-isu nasional yang harus diamplifikasi di tingkat lokal misalnya," tuturnya.

Nezar mengemukakan pentingnya kolaborasi institusi pemerintah dalam membangun jaringan komunikasi dan koordinasi untuk menyampaikan informasi publik berkualitas dengan memanfaatkan media digital untuk memperluas jangkauan.

"Bayangkan kalau kekuatan 150 pusat media ini kita tingkatkan kemampuannya untuk penetrasi di platform media sosial, akun-nya lebih kreatif, lebih hidup, lebih disenangi oleh audiens kita generasi muda," katanya.

Nezar juga mengapresiasi kreativitas pengelola media sosial resmi pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota.

"Kolaborasi dilakukan dengan cukup baik juga, saya kira kita akan lebih dahsyat menghasilkan informasi yang positif, informasi yang konstruktif, dan berguna buat publik dalam melakukan pelayanan pemerintah kepada masyarakat," katanya.

Baca juga: Maluku raih Anugerah Media Center 2024
Baca juga: Wamenkominfo dorong 150 pusat media maksimalkan penyebaran informasi

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024