Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah, meraih penghargaan anugerah Media Center Provinsi Terbaik Kontribusi Berita, sebagai peringkat nasional ketiga, yang diterima pada acara Anugerah Media Center Daerah 2023, di Depok, Jawa Barat, Selasa (28/2) malam.

Kepala Diskominfosantik Kalimantan Tengah Agus Siswadi dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya, Rabu, mengatakan, anugerah media center ini merupakan penghargaan yang diberikan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kepada pemerintah daerah yang berkontribusi aktif mendiseminasikan informasi publik, baik terkait program kerja, kegiatan pemerintah maupun informasi lain yang bersifat mengedukasi dan penyuluhan.

"Tujuannya digelarnya kegiatan ini sebagai apresiasi kepada media center daerah, menguatkan kerja sama, jaringan komunikasi dan memotivasi daerah lain supaya bisa bergabung untuk mendirikan media center, serta menjalin pertukaran konten bersama Kominfo," ujar Siswadi.

Ia berharap pihaknya selaku dinas penyampai ragam informasi pemerintah agar seluruh informasi yang tersampaikan kepada masyarakat dapat diterima dengan seimbang.

"Bagi kami yang utama bagaimana membangun Indonesia dari daerah, rekan-rekan hari ini bisa lihat di Jakarta, nasional, bagaimana bisa melihat daerah seutuhnya," ujarnya.

Sementara itu Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong saat menjadi pembicara utama pada acara Anugerah Media Center itu mengatakan peran humas dalam hal ini yang diemban media center daerah akan menjadi sangat penting.

"Hal itu dikarenakan media center daerah menjadi garda terdepan penyampai informasi kepada masyarakat dengan informasi yang cerdas, mendidik, mencerahkan serta membuat masyarakat lebih baik lagi dalam menyikapi berbagai isu," ujar Usman.

Menurut dia, setiap komunikasi yang dilakukan terdapat tiga tujuan, yaitu menambah pengetahuan, menghadirkan sikap positif masyarakat terhadap agenda atau pemerintah, serta perilaku partisipasi.

Ia mengatakan penilaian Anugerah Media Center dilakukan berdasarkan sistem portal berita info publik, dan ke depan Kementerian Kominfo sedang menginisiasi penilaian melalui situs Indonesiakini.go.id.

Penghargaan anugerah Media Center Provinsi Terbaik Kontribusi Berita, untuk peringkat pertama diraih Diskominfo Provinsi Jawa Timur dan peringkat kedua oleh Diskominfo dan Statistik Provinsi Riau.

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023