Gianyar, Bali (ANTARA) - Dinas Kominfo Kabupaten Gianyar meraih juara 1 Kategori Foto Terbaik Media Center se-Indonesia melalui foto berjudul "Penari Sisya" yang digelar Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Kementerian Kominfo RI.

"Semoga dengan prestasi yang didapat menjadi pengungkit untuk terus berkontribusi membangun komunikasi publik yang sehat dan mencerahkan. Presiden Jokowi juga memberikan perhatian khusus pada portal Infopublik Kementerian Kominfo, dengan adanya Inpres dalam pengelolaan media center di daerah," kata staf khusus Kemenkominfo Rosarita Niken Widiastuti, saat menyerahkan penghargaan ke Kominfo Gianyar, melalui siaran pers Diskominfo Gianyar, Kamis.

"Harapan saya seluruh media center provinsi/kabupaten/kota lebih aktif dalam mengirimkan berita dan foto. Sebuah berita atau foto merupakan salah satu kekayaan diri sendiri," ujarnya. 

Pada Desember 2022 Media Center Diskominfo Kabupaten Gianyar mengirimkan sebuah foto dengan judul "Penari Sisya" untuk mengikuti lomba foto dan akhirnya meraih foto terbaik dari 139 media center provinsi/kabupaten/kota se- Indonesia.

Di sela-sela penganugerahan, seorang dewan juri menjelaskan foto Penari Sisya layak masuk nominasi karena memenuhi semua kriteria sebagai foto jurnalistik, seperti komposisi, keutuhan, pencahayaan, tingkat kesulitan serta sudut (angle) pengambilan yang tepat.

"Saya berharap ke depan agar Media Center Diskominfo Kabupaten Gianyar lebih meningkatkan kontribusi dalam mengirimkan artikel/berita dan foto ke portal Infopublik Kemenkominfo dalam upaya penyebarluasan informasi," ujar Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gianyar Anak Agung Gde Raka Suryadiputra.

Penghargaan tersebut merupakan apresiasi dari Kementerian Kominfo kepada pengelola media center daerah atas kontribusi aktif mengirimkan konten berita dalam portal berita Info Publik selama tahun 2022. Acara ini dihadiri Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong didampingi Direktur Pengelola Media Nursodik Gunarjo, dan Staf Khusus Menkominfo Rosarita Niken Widiastuti.

Penghargaan diserahkan oleh Staf Khusus Kemenkominfo RI Rosarita Niken Widiastuti pada acara Anugerah Media Center Daerah Tahun 2023, Selasa malam (28/2) di The Margo Hotel, Depok, Jawa Barat.

Ditjen IKP Kementerian Kominfo RI mengelola portal infopublik.id dimana pemerintah daerah melalui media center Dinas Kominfo bisa mengirimkan berita dan foto untuk ditayangkan di portal tersebut. Anugerah tersebut digelar setiap tahun sebagai apresiasi atas kontribusi media center daerah.

Dalam sambutannya Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong menyampaikan pemberian Anugerah Media Center (AMC) yang dimulai pada tahun 2015 hingga kini merupakan wujud apresiasi dari Kemenkominfo atas peran aktif daerah dalam kontribusinya di portal nasional infopublik.

Media center daerah, lanjutnya, merupakan  garda terdepan dalam diseminasi informasi kepada masyarakat, karena itu media center daerah harus terus meningkatkan kemampuan dengan menyesuaikan dinamika yang terjadi saat ini.

Baca juga: Diskominfosantik Kalteng raih anugerah media center terbaik ketiga
Baca juga: Banda Aceh raih anugerah Kominfo sebagai media center daerah terbaik


 

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023