Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan Indonesia memilih konvergensi teknologi untuk menciptakan pemerataan konektivitas dan telekomunikasi.

Langkah itu diperlukan mengingat Indonesia mengalami tantangan geografis yang memerlukan pendekatan komprehensif.

“Secara demografis dan geografis Indonesia ini negara yang unik. Jadi tidak bisa satu teknologi pendekatannya, harus konvergensi. Kita terus upayakan,” kata Budi dalam keterangannya, Rabu.

Budi mengatakan pendekatan konvergensi teknologi memungkinkan penggunaan teknologi komunikasi yang berbeda namun dapat disesuaikan dengan kondisi geografis di berbagai wilayah Indonesia.

Misalnya seperti teknologi satelit, menurut dia akan cocok untuk Indonesia bagi Timur yang memiliki kontur wilayah yang lebih menantang dibandingkan dengan pergelaran fiber optik.

Baca juga: Menkominfo: MWC bisa tampilkan wajah ekosistem telekomunikasi RI

Baca juga: Menkominfo: Perusahaan telekomunikasi perlu terapkan AI dengan etika


Sementara untuk di perkotaan seperti di Jabodetabek menurutnya akan lebih cocok menggunakan konektivitas dengan teknologi pergelaran fiber optik.

Menkominfo optimistis Pemerintah dapat mewujudkan pembangunan infrastruktur telekomunikasi yang merata di seluruh wilayah Indonesia.

“Memang menantang geografis Indonesia. Tapi kita optimistis semua masyarakat Indonesia harus punya akses konektivitas internet. Itu haknya rakyat,” katanya.

Pernyataan itu disampaikan oleh Budi dalam ajang Asia Pacific Spectrum Management Conference (APSMC) 2024 di Jakarta Pusat yang berlangsung pada 23-24 April 2024.

APSMC 2024 merupakan rangkaian "The Global Spectrum Series" sebagai forum global bagi berbagai pemangku kebijakan telekomunikasi dari berbagai segmen baik industri, regulator, akademik, dan organisasi terkait yang berkaitan dengan manajemen spektrum frekuensi radio.

Harapannya dalam ajang yang menjadi pusat berbagi dan bertukar ilmu, Indonesia sebagai tuan rumah bisa mendapatkan banyak masukan untuk strategi kebijakan telekomunikasi yang lebih optimal Indonesia di masa depan.

Dalam acara itu, Menkominfo Budi Arie Setiadi didampingi Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Kominfo Ismail serta Direktur Penataan Sumber Daya Ditjen SDPPI Kementerian Kominfo Denny Setiawan. Baca juga: Menkominfo nyatakan Indonesia optimalkan konektivitas digital ASEAN

Baca juga: Indonesia terbuka untuk investasi pengembangan 5G

Baca juga: Kemenkominfo upayakan peningkatan konektivitas internet nasional


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024