Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan Mobile World Congress (MWC) dapat menjadi medium yang tepat untuk menampilkan wajah ekosistem telekomunikasi Indonesia kepada dunia.

Maka dari itu ia menargetkan Indonesia dapat berpartisipasi pada 2025 dalam MWC sehingga nantinya perkembangan inovasi telekomunikasi lokal itu bisa dikenal dunia internasional.

"Sudah kami diskusikan dengan beberapa Dirjen. Kami harapkan Indonesia bisa berpartisipasi dalam MWC tahun depan. Kami rencanakan tahun depan ada stan Indonesia," kata Budi saat berkunjung ke MWC 2024 di Barcelona, Spanyol, Selasa waktu setempat.

Baca juga: Menkominfo Budi Arie memulai lawatan ke Spanyol

Duta Besar RI untuk Spanyol Muhammad Najib mengatakan sebenarnya rencana untuk membuka stan khusus dalam MWC sempat tercetus.

Namun inisiatif tersebut kemudian pembahasannya terhenti akibat terjadinya pandemi COVID-19.

Dengan diungkapnya kembali ide tersebut di 2024 ini, Dubes Muhammad Najib optimistis rencana tersebut dapat dijalankan kembali dan direalisasikan pada 2025.

“Saya kira pasca COVID-19 ini, apalagi dengan ada dukungan luar biasa dari Pak Menteri, saya optimistis tahun depan kita bisa ikut,” kata Najib.

Mengomentari MWC 2024, Menkominfo Budi Arie Setiadi mengajak pelaku industri telekomunikasi dalam negeri yang hadir dalam ajang itu untuk bisa memanfaatkan kegiatan tersebut untuk membangun relasi dan jaringan dengan para pelaku bisnis global.

Baca juga: HONOR Lansir Strategi "All-scenario" Baru yang Didukung AI di MWC 2024

Hal itu mengingat MWC telah menjadi acara rutin tahunan bertaraf internasional yang diikuti banyak pelaku ekosistem telekomunikasi global dan tentunya membuka banyak peluang kerja sama.

"Pemerintah mendukung pelaku industri telekomunikasi seluler Tanah Air agar bisa melangkah maju dan menjalin kerja sama saling menguntungkan dengan pelaku bisnis global,” kata Budi.

Tidak hanya melihat inovasi teknologi dan inovasi telekomunikasi dalam pameran itu, Menkominfo bakal menghadiri sesi diskusi bersama menteri-menteri digital dari berbagai negara dengan tema “Konektivitas yang Tangguh untuk Negara Kepulauan”.

Khusus untuk lawatan hari keduanya di Spanyol, Budi juga dijadwalkan melakukan audiensi dan makan malam bersama diaspora asal Indonesia di Barcelona, Spanyol.

Menteri Budi Arie dijadwalkan melangsungkan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal ITU dan Direktur Biro Komunikasi Radio (BR) pada Rabu (28/2). Selanjutnya, Menkominfo akan meluncurkan Metaverse Research & Experience Center (MREC) Telkom University di MWC 2024.

Baca juga: MWC 2024 dibuka dengan fokus pada inovasi 5G dan AI

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024