Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi memulai lawatannya ke salah satu negara di daratan Eropa Barat yaitu Spanyol dengan tujuan melakukan pertemuan bilateral hingga menemui diaspora asal Indonesia di negara tersebut.

Ketibaannya disambut oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Spanyol Muhammad Najib yang mengapresiasi upaya Budi sebagai Menkominfo untuk mengembangkan telekomunikasi dan digitalisasi di Indonesia.

“Menteri punya harapan besar, semangat besar mengembangkan dunia telekomunikasi di Indonesia. Spanyol ini, walaupun tidak semaju sejumlah negara lain, mereka cepat sekali mengikuti (perkembangan teknologi telekomunikasi). Lebih dari itu, Spanyol punya semangat dan mau berbagi pengalaman, kolaborasi, riset,” kata Muhammad Najib dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Baca juga: MWC 2024 dibuka dengan fokus pada inovasi 5G dan AI

Adapun Menkominfo tiba di Barcelona pada Senin (26/2) pukul 20.30 waktu setempat dan disambut dengan jamuan makan malam dari Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Kementerian Perdagangan.

Penyambutan dalam bentuk jamuan makan malam, menurut Muhammad Najib, sudah menjadi bentuk budaya Indonesia yang perlu dipertahankan. Maka dari itu pada lawatan Menkominfo, Kedutaan Besar RI di Spanyol memilih untuk melakukan penyambutan lewat kebiasaan tersebut.

“Kami ingin tetap menjadi orang Indonesia, menerima tamu itu sebuah kebahagiaan, apalagi tamu dari tanah air, siapapun, perlu diapresiasi,” kata Najib.

Selain Menkominfo Budi Arie Setiadi, hadir juga beberapa petinggi dari Kementerian Kominfo lainnya dalam lawatan ke Spanyol tersebut di antaranya Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Wayan Toni Supriyanto, serta Staf Khusus Menteri Kominfo Sugiharto dan Sarwoto Atmosutarno.

Baca juga: HONOR Lansir Strategi "All-scenario" Baru yang Didukung AI di MWC 2024

Nantinya Menkominfo beserta jajarannya bakal menghadiri ajang Mobile World Congress (MWC) 2024 sebagai acara rutin terbesar yang diikuti berbagai masyarakat dari ekosistem industri telekomunikasi global.

Salah satu acara yang bakal dihadirinya sebagai rangkaian dari MWC 2024 ialah pertemuan "Ministerial Programme MWC 2024: Roundtable Session “Resilient Connectivity for Island Nations".

Selama pelaksanaan MWC 2024 pada 26-29 Februari 2024, Menteri Budi Arie akan bertemu secara bilateral dengan Sekretaris Jenderal dan Direktur Biro Radio Komunikasi ITU, serta perwakilan UNESCO dan World Bank.

Selain itu, Menkominfo juga akan menyaksikan Telkomsel Awarding dan peluncuran Metaverse Research and Experience Center (MREC) Telkom University. Di sela-sela agenda itu, Budi bakal menggelar audiensi dan jamuan makan malam dengan perwakilan diaspora Indonesia di Spanyol.

Baca juga: ZTE lansir inovasi yang sangat efisien, ramah lingkungan, dan pintar di MWC 2024

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024