Jangan sampai ini terulang kembali, apalagi untuk kecelakaan yang bisa dihindari seperti ini
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan insiden kecelakaan bus yang terjadi di lokasi pariwisata Guci, Tegal, Jawa Tengah bisa saja dihindari apabila terdapat standard operating procedure (SOP) yang secara disiplin dipatuhi dan tersosialisasi dengan baik.
 
"Musibah ini harusnya bisa dihindari jika kita memiliki prosedur yang secara disiplin, tersosialisasi dengan baik dan dipatuhi oleh para penyelenggara kegiatan transportasi dan fasilitas pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar di Jakarta, Senin.

Baca juga: Pemkot Tangsel pastikan santunan korban kecelakaan bus di Guci Tegal
 
Menindaklanjuti insiden tersebut, Sandiaga telah menugaskan staf ahli manajemen krisis untuk berkoordinasi dan memastikan sosialisasi lintas lembaga dan pemerintah daerah (pemda).
 
Pihaknya pun mewanti-wanti, agar insiden ini tidak terulang kembali ke depannya.
 
"Jangan sampai ini terulang kembali, apalagi untuk kecelakaan yang bisa dihindari seperti ini," tambahnya.
 
Sandiaga turut menyontohkan bus pariwisata di luar negeri yang tidak meninggalkan armadanya saat penumpang masih ada di dalamnya.
 
"Kami naik bus pariwisata di sana (luar negeri) itu selalu sopir selalu ada di dalam bus dan dia tidak akan meninggalkan bus kalau misalnya belum kosong busnya, misalnya standar seperti itu yang diterapkan," tambahnya.
 
Pihaknya pun turut menyesalkan insiden yang menelan korban jiwa dan luka-luka ini, serta menyampaikan bela sungkawa dan doa bagi para korban luka.
 
"Kita berikan doa terbaik, semoga husnul khotimah dan diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa, keluarga diberikan ketabahan dan untuk korban yang masih dirawat semoga segera pulih dan kembali bisa beraktivitas setelah kembali sehat," tutupnya.

Sebelumnya bus yang membawa rombongan dari Tangerang Selatan mengalami kecelakaan di kawasan wisata Guci, Tegal, Jawa Tengah pada Minggu (07/05/2023) pagi.
 
​Dalam insiden ini telah menyebabkan satu orang meninggal dunia dan puluhan kainnya luka-luka.

Setelah kejadian supir bus dilaporkan telah diamankan pihak Kepolisian setempat untuk dilakukan pemeriksaan guna mengungkapkan peristiwa kecelakaan tersebut.

Baca juga: Wali Kota Tangsel menuju Tegal jemput warga alami kecelakaan

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023