"Apel kesiagaan sudah kami lakukan hari ini dan personel sebagian telah kita sebar ke titik-titik penyelenggaraan pilkades,"
Trenggalek, Jatim (ANTARA) -
Polres Trenggalek, Jawa Timur Tengah menyiagakan satu SSK (satuan setingkat kompi) yang terdiri dari 26 personel untuk pengamanan kegiatan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di daerah itu.

"Apel kesiagaan sudah kami lakukan hari ini dan personel sebagian telah kita sebar ke titik-titik penyelenggaraan pilkades," kata Kasubbagdalops Bagops Polres Trenggalek, Kompol I Wayan Sumantra di Trenggalek, Senin.
 
Sebelum diberangkatkan, puluhan personil bawah kendali operasi (BKO) itu telah dilakukan pengecekan dan pemeriksaan kelengkapannya.
 
Mereka nantinya bakal bertugas di sana selama empat hari untuk membantu pengamanan pelaksanaan pilkades.
 
"Jadi mulai hari ini, tanggal 8-11 Mei mendatang. Ada tiga orang perwira pengendali yang akan memimpin dan mendampingi, yakni Ipda Dwi Siswo Wintoro, Ipda Budi Setiyawan dan Ipda Edy Wasono,” imbuhnya.
 
Selain mengerahkan sejumlah besar personel, Polres Trenggalek juga menyiagakan pasukan di markas komando.
 
Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi jika terjadi kerusuhan atau destabilitas keamanan yang membutuhkan bantuan keamanan dalam jumlah banyak.
 
Mereka akan bergabung dengan personil dari polres jajaran lainnya yang juga diperbantukan untuk pengamanan pelaksanaan pilkades serentak yang diikuti 127 desa pada 10 Mei mendatang.
 
Ia berpesan kepada personel BKO untuk menjaga naik baik Korps Bhayangkara Bumi Menak Sopal saat menjalankan tugas di sana.
 
"Untuk penempatan maupun cara bertindak di lapangan akan mengikuti arahan dan petunjuk dari Polres Bangkalan. Saya ingatkan kembali, jaga nama baik kesatuan. Padal agar mengawasi betul. Laksanakan tugas ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Hati-hati dan Selamat bertugas," katanya.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023