berhasil dievakuasi
Jakarta (ANTARA) - Pihak pengelola Pakuwon Tower Casablanca memastikan sebanyak 13 orang berhasil diamankan dari tiga lift macet yang ada di gedungnya pada pukul 18.45 WIB bertepatan dengan jam pulang kerja.

"Lift pertama sembilan orang berhasil dievakuasi, lift kedua ada tiga orang yang berhasil dievakuasi, dan lift ketiga ada satu orang karyawan kita," kata Building Manager Pakuwon Tower Casablanca Agustius saat ditemui ANTARA, di Jakarta, Senin.

Baca juga: Lift di toko gorden Pasar Baru jatuh sebabkan satu korban meninggal

Baca juga: Anggota DPR sempat terjebak dalam lift anjlok

 
Building Manager Pakuwon Tower Casablanca Agustius memberikan keterangan kepada wartawan, Jakarta, Senin (8/5/2023). ANTARA/Luthfia Miranda Putri


Agustius menerangkan saat itu lift mengalami macet sekitar pukul 18.45 WIB dan saat itu pihaknya belum mengetahui ada tiga unit lift yang mengalami galat (error).

Kemudian, dia juga mendengar ada suara dentuman dari beberapa orang yang berasal dari gedung dan pihaknya langsung memastikan kondisi tersebut.

Setelah dilakukan pengecekan, ditemukan ada tiga lift yang macet tersebut yakni pada lantai berbeda yakni lantai lima, 27, dan 47 dan pihaknya melakukan evakuasi secara manual.

"Yang membuat lama evakuasi lift ini berhenti di tengah-tengah jalurnya karena hanya ada high zone sama midzone serta tidak ada pintu di level midzone-nya," terangnya.

Dalam prosedurnya, pihaknya menunggu tiga lift itu dalam keadaan aman sehingga korban bisa dievakuasi untuk dicek kesehatannya di rumah sakit. Tidak ada korban untuk informasi sementara dan lift tidak dalam kondisi berat berlebih (overload).

"Lift ini dinyatakan aman kemudian tiba-tiba error dan tidak diketahui penyebabnya sehingga membuat orang panik," tegasnya.

Terlebih, saat pada evakuasi ada pula pegawai lainnya yang inisiatif melalui tangga darurat lantaran sejumlah lift dimatikan mengantisipasi tidak ada korban terjebak kembali.

Pihaknya juga memastikan untuk mengutamakan ibu hamil dan penyakit tertentu agar selamat dari kejadian tak diinginkan tersebut.

"Kami setiap bulan rutin perawatan untuk pemeriksaan keamanan dengan tim perawatan eksternal dan internal," tutupnya.

Pada akhir keterangannya, Agus menyatakan gedung Pakuwon Tower Casablanca pada Selasa (9/5) besok tetap dibuka, namun kemungkinan ada beberapa lift yang tidak dijalankan.

Baca juga: Polisi selidiki teknisi tewas terjepit lift di Kantor Gubernur Jateng

Baca juga: Erick Thohir dukung investigasi kasus wanita jatuh dari lift Kualanamu

Baca juga: Polisi selidiki peristiwa lift jatuh di toko swalayan Palembang

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023