Jakarta (ANTARA News) - Dua gol bunuh diri Jonathan Walters telah membantu Chelsea menang 4-0 atas tuan rumah Stoke City pada pertandingan Liga Utama Inggris di Stadion Britannia, Sabtu malam.

Di tengah permainan yang berjalan imbang dan monoton, Jonathan Walters membuat kejutan ketika sundulannya dengan maksud menyelamatkan gawang Stoke, justru berbuah gol bunuh diri pada menit kedua injury time babak pertama, membuat Chelsea unggul 1-0.

Gol bunuh diri Walters menit ke 47 itu terjadi setelah Cesar Azpilicueta mengirimkan umpan lambung ke depan gawang Stoke, dalam perebutan bola atas dengan pemain Chelsea, gol bunuh diri tersebut tercipta.

Gol Walters menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 untuk Chelsea.

Mengawali babak kedua, tuan rumah Stoke bermain baik dengan beberapa kali serangannya menusuk pertahanan Chelsea.

Pada menit 47, Steven Nzonzi mencoba melayangkan tembakan ke gawang Chelsea, namun hanya berakhir dengan tendangan gawang oleh Petr Cech.

Beberapa saat kemudian, menit 52 Steven Nzonzi kembali mengirimkan tembakan jarak jauh ke arah gawang, tapi lagi-lagi Cech mampu menyelematkannya.

Ketika serangan demi serangan telah dibangun pemain-pemain depan Stoke dan berharap bisa menyamakan kedudukan, kembali Walters merusak harapan Stoke. Ia kembali membuat kesalahan dengan gol bunuh diri kedua menit ke 62.

Umpan ke depan gawang dari Juan mata dari sayap pertahanan Stoke kembali disundul Walters yang berebut bola dengan Lampard, dan gol, 2-0 untuk Chelsea. Dua gol yang semuanya hasil bunuh diri Walters.

Unggul 2-0 dan memanfaatkan mental pemain Stoke yang kendor oleh kesalahan Walters, Juan Mata menusuk pertahanan Stoke, masuk ke kotak penalti, namun dihadang Shawcross. Penalti untuk Chelsea.

Tendangan penalti Chelsea dieksekusi dengan baik oleh Frank Lampard menit 64, kedudukan berubah 3-0 untuk Chelsea.

Menginjak menit 70, Benitez menarik keluar Demba Ba dan memasukkan Torres.

Sekitar tiga menit kemudian, setelah beberapa umpan untuk Torres gagal diteruskan, Juan Mata mengumpan Eden Hazard yang datang dari belakang. Setelah memainkan bola mencari posisi, Hazard kemudian melesakkan tendangan keras dari jarak jauh, dan gol indah pun tercipta. Chelsea kian unggul dengan 4-0.

Chelsea nyaris menambah gol sebelum menit 80, namun tendangan Lampard dari jarak dekat mampu diblok kiper Asmir Begovic.

Pada menit 88, peluang emas datang untuk Stoke ketika John Terry yang masuk menggantikan Juan Mata membuat pelanggaran di kotak penalti Chelsea.

Namun sial bagi Walters, setelah dua kali mencetak gol bunuh diri, ia pun gagal mencetak gol dari tendangan penalti. Penampilan apik Stoke City malam ini telah dirusak oleh Walters.

Hingga pertandingan berakhir, Chelsea menang 4-0, dengan dua di antaranya dihasilkan dari gol bunuh diri Jonathan Walters.

(*)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013