Kami punya sejumlah pemain yang sebenarnya tidak mampu memenuhi tuntutan stabilitas penampilan tim. Penampilan beberapa pemain mengalami pasang surut
London (ANTARA News) - Hari penghakiman bagi Jose Mourinho akhirnya datang juga. Pelatih Chelsea menghukum dirinya sendiri dengan rasa frustrasi setelah melihat dan menyaksikan kegagalan demi kegagalan dari penampilan anak asuhannya selama perjalanan musim ini.

Dengan enam laga yang tersisa di ajang Premier League, Mourinho kini menyiapkan diri menghadapi Stoke. Pertandingan ini demikian krusial, karena pekan ini The Blues tertinggal dua poin dari Liverpool yang bertengger di puncak klasemen dengan mengemas 71 poin.

Jika pasukan asuhan Mourinho gagal memetik kemanangan dari Stoke, maka pupus sudah harapan Chelsea. Chelsea akan menghadapi Stoke City dalam laga Premier League yang digelar di Stamford Bridge pada Sabtu waktu setempat, atau pukul 23.30 WIB, Pertandingan itu akan ditayangkan oleh Indosiar.

Dua kekalahan dalam hitungan kurang dari sepekan tentu saja membuat Mourinho tersulut geram. Pada 2 April 2014, Paris St Germain memukul Chelsea 3-1 di leg pertama Liga Champions. Pada 29 Maret 2014, Crystal Palace menjebol gawang Chelsea dengan gol semata wayang dalam ajang Premier League.

Pelatih berjuluk The Special One itu kemudian merasa frustrasi karena penampilan Andre Schurrle yang "mengecewakan" menyusul peran Fernando Torres yang layu sebelum berkembang.

Pelatih Portugal itu agaknya diterpa kecewa dengan kenyataan Torres yang mengalami paceklik gol. Ia hanya mengemas sembilan gol selama musim ini dalam 11 pertandingan, padahal ia pemain termahal yang dibeli The Blues dengan banderol harga 50 juta poundsterling.

Samuel Eto'o dan Demba Ba juga hampir pasti meninggalkan Stamford Bridge. Eto'o baru saja pulih dari cedera hamstring. Chelsea berharap kepada pemain timnas Kamerun itu agar siap melawan Stoke.

Setelah kalah dari Palace, tiba-tiba saja Mourinho melontarkan pernyataan dengan mempertanyakan kesiapan mentalitas para pemain Chelsea.

Mourinho berharap Eden Hazard dan kawan-kawan mampu menunjukkan penampilan terbaik bermodal mentalitas tinggi dengan mengalahkan Stoke.
 
Data dan fakta kedua tim:

Head-to-head
* Rekor laga Stoke melawan Chelsea di ajang Premier Leagu dalam 14 pertandingan, yakni tiga kali imbang dan 11 kali kalah.

* The Potters belum pernah memetik kemenangan selama bertanding di Stamford Bridge. Kemenangan terakhir yang diraih Stoke atas Chelsea 1-0 pada 27 April 1974.

* Stoke belum pernah menang sekali pun dalan tujuh laga tandang melawan Chelsea.

* The Blues telah menang empat laga kandang di ajang Premier League, dengan mengemas 14 gol.

* Mourinho belum pernah mengalami kekalahan selama berlaga di Stamford Bridge (60 kali menang, 16 kali imbang).

* The Potters memperoleh kemenangan pada kurun November dan Desember 2011, dengan mengalahkan Blackburn, Everton, Tottenham dan Wolves.

* Stoke hanya kehilangan satu dari sembilan laga dengan catatan, lima kali menang, tiga kali imbang dan sekali kalah.
 
Komentar dua pelatih:

Jose Mourinho (Chelsea):
"Selama menjalani periode bersama klub, ia (Torres) telah berperan, bahkan di saat-saat penting. Ia bahkan telah bekerja keras bagi tim dan membawa segala sesuatu (yang positif) bagi tim. Ia menghormati kontrak dan pemain profesional."

"Bagian penting dari stabilititas dari tim-tim papan atas terletak kepada apakah tim itu diisi dengan personel berpengalaman. Ini yang menciptakan stabilitas.

"Kami tim yang selami ini mengisi musim dengan menjalani pasang surut penampilan. Kami punya sejumlah pemain yang sebenarnya tidak mampu memenuhi tuntutan stabilitas penampilan tim. Penampilan beberapa pemain mengalami pasang surut."

"Sejak mengawali musim ini, kami mencoba untuk berpikir dan bertindak sesuai dengan kemungkinan-kemungkinan yang memang terbuka."

Mark Hughes (Stoke City):
"Dari sisi pandangan kami, ini saatnya kami menunjukkan penampilan terbaik. Kami mampu bermain baik sejak Januari lalu. Melawan Chelsea tidak pernah mudah dan Jose Mourinho tercatat sebagai manajer Chelsea yang punya segudang prestasi."

"Pertandingan nanti bakal berlangsung seru, terlebih jika kami mampu mengimbangi permainan mereka. Kami harus mendapat hasil yang positif dari enam laga ke depan."

Prakiraan susunan pemain:

Chelsea (4-2-3-1):
Cech (penjaga gawang), Azpilicueta, Terry, Cahill, Ivanovic, Hazard, Lampard, Matic, Oscar, Schurrle, Torres
Pemain cadangan:
Hilario, Kalou, Wiliam, Salah, Luis, Mikel, Ramirez, Ba

Stoke (4-2-3-1):
Begovic, Cameron, Schawcross, Wilson, Pieters, N'Zonzi, Whelan, Odelmingle, Ireland, Arnautovic, Crouch
Pemain cadangan:
Sorensen, Wilkinson, Muniense, Guidetti, Adam, Etherington, Palacios, Shotton, Walters

Prediksi hasil laga (Goal.com):    

* Chelsea FC 3-0 Stoke (18,9 persen)
* Chelsea FC 2-0 Stoke (16,2 persen)
* Chelsea FC 4-0 Stoke (15,1 persen)

Head to Head
England - FA Cup ‎(FA)
26 Jan 2014   Chelsea FC 1 - Stoke 0     

England - Premier League ‎(EPL)
 7 Dec 2013   Stoke 3 - Chelsea FC 2     
12 Jan 2013   Stoke 0 - Chelsea FC 4     
22 Sep 2012   Chelsea FC 1 - Stoke 0     
10 Mar 2012   Chelsea FC 1 - Stoke 0     

     
Lima laga terakhir:
 
Chelsea FC  
2  Apr 2014   Paris Saint-Germain 3 - Chelsea FC 1    UCL
29 Mar 2014   Crystal Palace 1 - Chelsea FC 0    EPL
22 Mar 2014   Chelsea FC 6 - Arsenal 0    EPL
18 Mar 2014   Chelsea FC 2 - Galatasaray 0    UCL
15 Mar 2014   Aston Villa 1 - Chelsea FC 0    EPL

Stoke
29 Mar 2014   Stoke 1 - Hull 0    EPL
23 Mar 2014   Aston Villa 1 - Stoke 4    EPL
15 Mar 2014   Stoke 3 - West Ham 1    EPL
 8 Mar 2014   Norwich City 1 - Stoke 1    EPL
 1 Mar 2014   Stoke 1 - Arsenal 0    EPL

Narasi atas prediksi:
* Jose Mourinho bakal mengeluarkan seluruh daya kekuatan untuk memotivasi anak asuhannya menghadapi Stoke. The Blues akan menyodok tempat teratas bila memang mampu mengalahkan Stoke.

* Mark Hughes juga sedang bersemangat, dan terbukti pasukannya meraih empat kali kemenangan dari lima laga terakhir yang mereka lakoni.

* Seluruh punggawa Stoke terpacu mengukir prestasi bersejarah, manakala menghadapi Chelsea. Laga ini demikian berbobot historis, karena dihelat di Stamford Bridge dan dihadapan manajer berkelas dunia Jose Mourinho.

" Musim ini benar-benar relatif berat bagi Chelsea. Mereka sedang mengalami krisis penyerang tengah, meskipun demikian Mourinho bakal menemukan solusi yang tepat guna.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Chelsea: 3
Stoke: 0

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014