Jakarta (ANTARA) - Pelatih AS Roma Jose Mourinho berharap pemain-pemain 'emas' di klubnya dapat melanjutkan kemenangan 2-0 atas juara bertahan Serie A Napoli akhir pekan lalu, untuk menghalangi ambisi Juventus dalam mengejar gelar musim ini.

Menurut Mourinho, terlepas dari semua masalah yang ada termasuk pembatasan Financial Fair Play, AS Roma memiliki kekuatan besar yakni ikatan antar pemain.

"Kami bersatu, kami mempunyai sekelompok pemain hebat yang selalu berusaha mengubah kelemahan menjadi kekuatan dan saling membantu," kata pelatih asal Portugal itu, sebagaimana disiarkan AFP, Jumat.

Juventus bisa terpaut tujuh poin dari Inter Milan yang memimpin klasemen saat ini, jika tim asuhan Simone Inzaghi itu mengalahkan Genoa.

Sementara itu, kemenangan Roma atas Juventus dapat membuat posisi mereka tetap kokoh dalam perburuan tempat di Liga Champion musim depan. Saat ini Roma berada di urutan keenam, terpaut tiga poin dari tim urutan keempat, Bologna.

Sedangkan Bologna diyakini dapat mengalahkan Udinese yang terancam degradasi pada Sabtu (30/12) pagi waktu setempat.

Baca juga: Inter tetap unggul empat poin di puncak setelah tundukkan Lecce 2-0

Mourinho menolak berkomentar mengenai apakah ia menetapkan target untuk musim ini. Ia mengatakan lebih suka mengambil keputusan satu per satu, mengingat klubnya memiliki beberapa pemain dengan riwayat cedera yang rumit.

"Jika kami dapat mengerahkan semua pemain yang ada untuk setiap pertandingan, saya tidak masalah untuk mengatakan bahwa kami bisa bertanding dengan semuanya, bukan untuk gelar tapi untuk empat besar," ujar Mourinho.

"Sayangnya kami menghadapi kesulitan-kesulitan ini, apalagi pembatasan Financial Fair Play bukanlah situasi yang mudah untuk ditangani. Itu sebabnya saya tidak menetapkan target spesifik," katanya.

Meski begitu, Mourinho meyakini pemain-pemain di klubnya akan melakukan yang terbaik terlepas dari permasalahan-permasalahan yang ada.

Baca juga: AC Milan ditahan imbang Salernitana, Lazio menang atas Empoli

Sementara itu, Juventus mendapatkan sokongan sebab bek Brasil Gleison Bremer memperpanjang kontraknya hingga 2028. Pemain berusia 26 tahun itu merasa telah banyak berkembang dan lebih nyaman di Italia.

"Tahun ini, segalanya berjalan jauh lebih baik. Saya menemukan kenyamanan dan saya telah belajar dari kesalahan yang dibuat di masa-masa awal. Sekarang saya sangat nyaman serta lebih menyadari kekuatan dan kualitas saya," ujar Bremer.

Kendati demikian, Bremer mengatakan pertandingan melawan Roma tampaknya akan menjadi tantangan yang sulit.

"Saya tahu betul bahwa saya tidak akan mudah melawan Romelu Lukaku. Ini akan jadi tantangan yang sulit dan saya harus menunjukkan kemajuan (kemampuan) saya," katanya.

Sementara itu, menurut Bremer, meski ia dan rekan-rekan setimnya merupakan tim yang percaya diri, mereka tak memungkiri bahwa Inter menjadi saingan berat mereka.

"Kami tahu betul bahwa kami belum memenangkan apapun. Kami menyadari kekuatan Inter dan tugas kami adalah tetap berada di puncak klasemen," ujarnya.

Berikut jadwal pertandingan pekan ini:

Napoli vs Monza, Sabtu (30/12) pukul 00.30 WIB; Fiorentina vs Torino, Sabtu (30/12) pukul 00.30 WIB; Lazio vs Frosinone, Sabtu (30/12) pukul 02.45 WIB; Genoa vs Inter Milan, Sabtu (30/12) pukul 02.45 WIB; Atalanta vs Lecce, Sabtu pukul 18.30 WIB.

Udinese vs Bologna, Sabtu pukul 21.00 WIB; Cagliari vs Empoli, Sabtu pukul 21.00 WIB; AC Milan vs Sassuolo, Minggu pukul 00.00 WIB; Verona vs Salernitana, Minggu (31/12) pukul 00.00 WIB; Juventus vs AS Roma, Minggu (31/12) pukul 02.45 WIB.

Baca juga: Roma imbang dengan Fiorentina pada laga yang dihiasi tiga kartu merah

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023