Kami ingin secara konsisten mendukung berjalannya infrastruktur nasional yang semakin agresif berkembang
Jakarta (ANTARA) - PT MPX Logistics International Tbk (MPXL), perusahaan jasa pengangkutan dan perdagangan komoditas dan limbah infrastruktur, memperoleh dana sebesar Rp43,2 miliar usai melakukan penawaran perdana saham (initial public offering/IPO).

Perusahaan tersebut resmi mencatatkan sahamnya dengan kode saham MPXL di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa ini, sehingga menjadi emiten ke-39 yang mencatatkan sahamnya sepanjang 2023 dan merupakan emiten ke-863 di BEI.

"Melalui IPO ini, kami ingin selalu memberi dampak positif, kami ingin secara konsisten mendukung berjalannya infrastruktur nasional yang semakin agresif berkembang," kata Direktur Utama MPX Logistics International Wijaya Candera dalam acara Pencatatan Perdana Saham MPXL di Jakarta, Selasa.

Seiring dengan hal itu, dirinya berharap ke depan, MPXL dapat menjadi perusahaan industri material dan jasa transportasi terkemuka di dalam negeri

Dalam IPO ini, MPXL melepas sebanyak 400 juta saham baru atau sebanyak 20 persen dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh, dengan harga penawaran sebesar Rp108 per saham. Dengan demikian, perseroan berhasil memperoleh dana sebesar Rp43,2 miliar.

Selain itu, perseroan turut memberikan saham penghargaan kepada karyawan MPXL melalui program employee stock allocation (ESA) sebanyak 2.777.8000 saham.

Perseroan juga menerbitkan Waran Seri I sebanyak 80 juta atau setara dengan sebanyak 5 persen dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh. Waran Seri I akan diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru.

Setiap pemegang lima saham baru perseroan berhak memperoleh satu Waran Seri I dimana setiap satu Waran Seri I dapat ditukar dengan satu saham biasa. Harga pelaksanaan sebesar
Rp368 setiap saham, yang dapat dilaksanakan setelah enam bulan sejak Waran Seri I diterbitkan, yaitu mulai tanggal 9 November 2023 sampai dengan 8 Mei 2024.

Dengan demikian, Wijaya mengatakan IPO ini menjadi momen penting bagi perseroan yang telah bertransformasi dari bisnis keluarga menjadi perusahaan publik.

"Kini, perseroan memiliki akses keuangan dan jejaring bisnis yang terbuka lebar, sehingga perusahaan dapat mengoptimalkan peluang pasar yang bertumbuh cepat khususnya untuk melengkapi kebutuhan pelaku usaha dan masyarakat agar lebih efektif dan efisien," ucap dia.

Baca juga: MPX Logistics segera IPO menawarkan harga Rp103- Rp110 per saham
Baca juga: BEI : 16 perusahaan beraset di atas Rp250 miliar antre IPO

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023