Changsa (ANTARA) - Sebanyak 113 proyek dengan investasi gabungan sekitar 75 miliar yuan (1 yuan = Rp2.123) atau sekitar 10,84 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp14.674) ditandatangani dalam pameran Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) di Provinsi Hunan, China tengah.

Acara yang dibuka pada 4 Mei di Kota Huaihua di provinsi tersebut telah berfungsi sebagai platform baru untuk pertukaran dan kerja sama antara negara-negara anggota RCEP dan wilayah-wilayah setingkat provinsi China di sepanjang Koridor Perdagangan Darat-Laut Internasional Baru.

Koridor tersebut merupakan jalur perdagangan dan logistik yang dibangun bersama oleh sejumlah wilayah setingkat provinsi di China barat dan negara-negara anggota ASEAN, menurut pihak penyelenggara.

Pameran selama empat hari ini menarik 600 lebih perusahaan terkenal dan 1.000 lebih pembeli dari dalam dan luar China, termasuk 112 perusahaan dari 14 negara anggota RCEP lainnya.

Dengan berbagai kegiatan luring dan daring yang beragam, pameran ini menampilkan lebih dari 2.000 jenis produk unggulan dari negara-negara anggota RCEP yang dipamerkan di pusat konvensi internasional kota itu.

Huaihua merupakan satu-satunya kota simpul di Provinsi Hunan di sepanjang koridor tersebut dan pusat pemuatan dan distribusi kargo untuk negara-negara ASEAN.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023