Jakarta (ANTARA News) - Laga panas antara Manchester United vs Liverpool dalam lanjutan Liga Utama Inggris akan berlansung di Old Traford, Minggu malam.

Meski sekarang Liverpool berada pada peringkat delapan dan MU di puncak klasemen, namun pertemuan keduanya tetap penuh rivalitas. Sir Alex Ferguson bahkan menyebutnya sebagai derby.

"Ini selalu merupakan pertandingan yang sangat penting, tegang, dan emosional," ujarnya seperti dikutip laman Premierleague.

Dari sisi pencetak gol terbanyak, kedua klub punya pemain yang bersaing ketat. Robin van Persie telah menjaringkan 16 bola untuk MU dan menjadi top skor sementara.

The Reds mempunyai Luis Suarez yang menguntit di bawah penyerang asal Belanda itu dengan selisih satu gol. Bukan tidak mungkin dalam laga nanti malam, jumlah gol van Persie akan terlewati 'El Pistolero'.

Apalagi sekarang Suarez memiliki tandem baru di lini depan yaitu Daniel Sturridge yang menambah daya gedor Liverpool.

Para penyuplai bola untuk Suarez pun sedang dalam kondisi yang baik, mulai Steven Gerrard, Raheem Sterling, Glen Johnson, sampai Stewart Downing.

Sementara 'The Reds Devis' tidak seberuntung itu. Dua gelandang mereka, Anderson dan Nani masih diragukan bermain karena masih cedera hamstring.

Biarpun begitu, kualitas MU tetap tidak boleh diragukan. Mereka masih mempunyai stok pemain seperti Ryan Giggs, Michael Carrick, dan Antonio Valencia.

Selain juga serangan dari dua bek sayap andalan yaitu Patrice Evra dan Rafael yang sering kali membahayakan ketika maju memberi umpan kepada para penyerang United.

MU pun telah membuktikan diri lebih unggul dari Liverpool dengan menang 2-1 pada pertemuan terakhir, Februari tahun lalu.

Prediksi formasi:
Manchester United (4-4-2)
David De Gea (GK); Rafael Da Silva, Jhonny Evans, Nemanja Vidic, Patrice Evra; Antonio Valencia, Michael Carrick, Paul Scholes, Ryan Gigs; Robin van Persie, Chicharito

Liverpool (4-3-3)
Pepe Reina; Glen Jhonson, Martin Skrtel, Daniel Agger, Steward Downing; Steven Gerrard, Lucas Leiva, Joe Allen; Daniel Sturridge, Luis Suarez, Raheem Sterling

Prediksi pertandingan:
Anak-anak asuh Brendan Rodgers pasti ingin membalas dendam kekalahan di 1-2 di Anfield. Untuk itu kemungkinan Liverpool akan keluar menyerang lini bertahan MU yang dikenal rapuh.

Meski berada di peringkat pertama, tapi pasukan Ferguson telah kemasukan 28 kali dari 21 laga sehingga memberi peluang  'The Reds' lewat sayap-sayapnya untuk unggul terlebih dahulu.

Tapi Liverpool harus waspada akan serangan balik MU. Mereka telah membuktikan dengan menjadi klub tersubur di Liga Utama Inggris musim ini dengan 54 gol.

(lod) 

Penerjemah: M Baghendra Lodra
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013