Saya berterima kasih kepada Pemerintah Jepang atas anugerah ini. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan dalam upaya meningkatkan kerja sama ....
Jakarta (ANTARA) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menerima anugerah bintang jasa "The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star" dari Pemerintah Jepang atas jasa-jasanya dalam memberikan kontribusi bagi peningkatan hubungan dan persahabatan antara Jepang dan Indonesia.

"Saya berterima kasih kepada Pemerintah Jepang atas anugerah ini. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan dalam upaya meningkatkan kerja sama dan persahabatan antara Indonesia dan Jepang selama ini," ujar Arifin seusai menerima anugerah tersebut, Selasa waktu Jepang.

Upacara penganugerahan dan penyematan bintang jasa dilakukan oleh Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan dilanjutkan audiensi dengan Kaisar Jepang Naruhito di Istana Kekaisaran Jepang (Imperial Palace).

Baca juga: Menteri ESDM: Perlu promosi soal manfaat konversi sepeda motor

Anugerah itu tidak lepas dari peran Menteri Arifin Tasrif yang sebelum menjabat Menteri ESDM menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang.

"Semoga hubungan persahabatan antara Indonesia dan Jepang semakin meningkat ke depannya," tambah Arifin, dalam keterangannya.

Salah satu kontribusi nyata Arifin pada hubungan kerja sama antara Indonesia dan Jepang adalah turut menginisiasi Asia Zero Emission Community (AZEC) dan bersama International Partners Group (IPG), yang dipimpin oleh Jepang dan Amerika Serikat, meluncurkan skema pendanaan transisi energi Just Energy Transition Partnership (JETP) pada perhelatan Presidensi G20 di Indonesia pada 2022.

Selain itu, Indonesia juga masih terus berperan aktif dalam dalam Japan-Indonesia Energy Forum (IJEF), yakni forum kerja sama tahunan di sektor energi.

Sebelumnya, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla juga menerima bintang jasa "Grand Cordon of The Order of The Rising Sun" yang disematkan oleh Kaisar Jepang Naruhito.

Baca juga: Menteri ESDM minta konstruksi smelter PTPFI di Gresik dipercepat

Penghargaan serupa dari Kaisar Jepang juga pernah diterima mantan Dubes RI untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra, mantan Menteri Luar Negeri Ali Alatas, mantan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Ginanjar Kartasasmita, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Penghargaan "Order of the Rising Sun" diberikan kepada individu yang telah mencapai prestasi luar biasa dalam hubungan internasional, promosi budaya Jepang, dan pelestarian lingkungan. Penghargaan ini diberikan pertama kali oleh Kaisar Meiji pada 1875.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023