Jakarta (ANTARA) - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto menargetkan Tegal jadi Kabupaten Lengkap pada 2024.

Menurut Hadi, hal ini bisa tercapai jika syarat seluruh bidang tanah telah terpetakan dan lengkap datanya baik secara spasial maupun yuridis.

"Insya Allah segera selesai program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), target kita sebelum 2024 berakhir khususnya di Kabupaten Tegal ini," ujar Hadi melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Hadi telah menyerahkan 135 Sertipikat Hak Milik dari rumah ke rumah di Desa Bersole, Kecamatan Adiwena, Tegal, Jawa Tengah, Selasa (9/5).

Baca juga: Menteri ATR/BPN sebut sertifikat TKD di Cirebon bisa jaga aset desa

Proses sertifikasi tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Bersole berjalan dengan lancar dan kondusif berkat dukungan dari pemerintah daerah. Ia berharap, Desa Bersole dapat menjadi Desa Lengkap yang artinya seluruh tanahnya tersertifikat.

"Tahun ini mudah-mudahan desa ini menjadi Desa Lengkap karena sudah selesai semuanya 260 sertipikat. Kalau kita lihat Bupati, Kepala Desa, termasuk Pak Camat, didukung aparat kepolisian dan TNI, desa ini kondusif. Sehingga, permasalahan di lapangan saya kira tidak ada. Kuncinya adalah sinergi dan kolaborasi," katanya.

Hadi menyampaikan, program Kementerian ATR/BPN tahun ini adalah menyertifikasi sawah agar aset desa tidak disalahgunakan sehingga aman dari gangguan mafia tanah. Sawah tersebut tetap bisa ditanami oleh warga dengan skema lelang.

Baca juga: Menteri ATR/BPN serahkan langsung sertifikat kepada warga Cirebon

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023