Jakarta (ANTARA News) - Dell Aspac Jakarta berhasil meraih kemenangan ketujuh dari tujuh pertandingan saat berlaga melawan Tonga BSC Jakarta dalam lanjutan Liga Bola Basket Nasional (NBL) 2012-2013 Seri Kedua dengan skor 75-48 di Gedung Basket Hall A, Senayan, Jakarta, Minggu.

Dua `guard` muda Aspac menjadi bintang dalam pertandingan tersebut, yaitu Oki Wira Sanjaya dan Andakara Prastawa Dhyaksa. Oki menjadi pencetak poin terbanyak dengan perolehan 22 angka yang diikuti Prastawa dengan 19 angka.

Sementara itu, `forward` Pringgo Regowo mencatatkan `double-double` dalam pertandingan tersebut melalui 13 poin yang dicetaknya serta 11 kali `rebound`.

Dengan kemenangan tersebut Aspac naik ke posisi puncak klasemen sementara NBL 2012-2013 dengan perolehan 14 poin dari tujuh kali laga.

Aspac sendiri sudah mencatatkan perolehan angka kumulatif sebesar 491 poin dan kemasukan 359 poin.

Sejak kuarter pertama Aspac langsung menunjukkan perbedaan kelas yang dimilikinya dengan meninggalkan Tonga dalam kedudukan 21-9. Kuarter pertama didominasi oleh upaya serangan dari Dirk Gerungan dan Xaverius Prawiro langsung menghancurkan pertahanan Tonga yang masih menyesuaikan diri. Dirk dan Xaverius mengakhiri kuarter pertama dengan mengemas masing-masing lima angka.

Selain Dirk dan Xaverius, Pringgo juga mengoleksi empat angka di kuarter pertama. Sementara dari kubu Tonga, `shooting forward` bernomor punggung 8, Susanto, mengemas empat poin di kuarter pertama.

Sementara, bintang pertandingan pertama Aspac di seri kedua NBL saat mengalahkan Pelita Jaya Esia Jakarta, pada Sabtu (12/1), masih memperlihatkan semangat besarnya dengan mengemas tiga angka di kuarter pertama.

Memasuki kuarter kedua tempo pertandingan mulai menurun, para pemain Aspac tampil cukup lepas. Meski demikian mereka tetap mampu menjaga jarak dari Tonga BSC dan menyudahi kuarter kedua dengan selisih 13 angka.

Tonga juga masih berupaya melakukan perlawanan untuk memperkecil ketertinggalan. Meski demikian perbedaan kelas yang ada tampak sekali dengan minimnya tingkat kesuksesan serangan mereka.

Meski demikian, `shooting guard` Tonga, Saleh Afriatna sempat mencuri perhatian melalui sebuah tembakan tiga angka dan sebuah jump shoot yang sempat memperkecil ketertinggalan timnya di sisa waktu tiga menit.

Prawiro sendiri langsung melejit perolehan poinnya dari kuarter pertama hanya tiga menjadi sembilan poin atau total 12 angka di kuarter kedua. Ia juga yang menutup perolehan poin di kuarter kedua dengan sebuah jump shoot yang menegaskan keunggulan Aspac 34-21.

Kemudian, di kuarter ketiga pertandingan semakin terbaca arah kemenangan untuk Aspac. `Guard` Oki Wira Sanjaya langsung melejit perolehan poinnya menjadi 14 dengan dua kali tembakan tiga angka dan dua kalo `jump shoot`.

Ia sukses melesakkan tembakan tiga angka pertamanya di sisa waktu delapan menit 26 detik kuarter ketiga untuk membawa Aspac unggul 41-23. Tak lama berselang ia berhasil menggandakan perolehan tembakan tiga angkanya pada sisa waktu tujuh menit 19 detik.

Sementara itu `point guard` Tonga bernomor punggung 2, Andy Prasetyo sempat berhasil melakukan `three point play` untuk memperkecil selisih menjadi 32-49.

Meski demikian dominasi Aspac terus berlanjut hingga menjelang akhir kuarter ketiga, Xaverius melakukan sebuah `lay up` cantik di detik terakhir untuk memberi modal timnya memasuki kuarter keempat dengan kedudukan 52-36.

Pada kuarter terakhir, kedua tim sama-sama bermain tanpa beban, meskipun Tonga masih berusaha memperkecil ketertinggalan, namun tak membuat mereka tergesa-gesa. Sebaliknya, ketenangan yang dimiliki Aspac membuat perolehan poin mereka kian melejit.

Oki kembali menjadi bintang permainan Aspac bersama, dengan mengemas delapan poin tambahan untuk menggenapkan perolehan poinnya menjadi 22 angka.

Tonga yang bermain lepas tetap tak bisa memperkecil ketertinggalan, dari selisih 26 poin menjadi 27 poin.

Aspac menyudahi permainan dengan skor akhir 75-48 dan merupakan kemenangan ketujuhnya dalam NBL 2012-2013.

Sebelumnya, dalam pertandingan lain, Pacific Caesar Surabaya memenangi laga melawan NSH GMC Riau dengan kedudukan 71-70 setelah melalui `overtime` pertama. Selain itu, Garuda Kukar Bandung juga meraih kemenangan keempatnya saat mengalahkan Bimasakti Nikko Steel Malang dengan skor tipis 46-43. Sementara dalam pertandingan ketiga hari kedua, juara bertahan Satria Muda BritAma menghancurkan CLS Knights Surabaya dengan skor 76-46.

(G006/H-KWR)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013