Jakarta (ANTARA) - Produk-produk perlengkapan rumah tangga, makanan dan minuman, serta fesyen menjadi kategori yang paling diminati masyarakat pada aplikasi belanja daring Tokopedia selama masa Ramadhan hingga Lebaran tahun 2023.

Bulan Ramadhan menjadi salah satu momen di mana masyarakat banyak berbelanja pada aplikasi belanja daring yang telah berdiri sejak tahun 2009 itu.

"Hari belanja terbesar masyarakat Indonesia itu Ramadan, (karena) sangat relevan dengan budaya kita dengan (adanya) THR (tunjangan hari raya), persiapan untuk belanja, untuk silaturahmi, hari raya, persiapan liburan dan macam-macam. Makanya di Tokopedia ada Ramadan Ekstra, hari belanja terbesar di Tokopedia selain Waktu Indonesia Belanja yang ditargetkan dan dinikmati setiap tanggal 25 sampai akhir bulan," kata Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya pada acara konferensi pers Tren Belanja Online Selama Ramadan hingga Lebaran 2023 di Setiabudi, Jakarta Selatan pada Selasa.

Baca juga: FEKDI 2023 mendorong Pasar Tomohon masuk Tokopedia

Dari beberapa kategori produk paling laris di Tokopedia selama Ramadhan hingga Lebaran 2023, Ekhel memaparkan rincian produk-produk yang banyak diminati masyarakat dari setiap kategori.

Untuk kategori makanan dan minuman, produk yang banyak diminati masyarakat adalah beras, mie instan, dan daun bawang yang dijual pada fitur Tokopedia NOW! yang memudahkan konsumen untuk belanja sembako dengan pengiriman yang cepat.

Dalam kategori fesyen produk kaos, sepatu, dan kerudung menjadi produk yang banyak dibeli masyarakat.

Pada program khusus jual beli makanan dan minuman yang disediakan Tokopedia, Tokopedia NYAM!, produk kurma, madu, dan parsel makanan memiliki konsumen terbanyak selama periode Ramadhan hingga Lebaran.

Di samping menjual produk makanan dan fesyen, Tokopedia juga menyediakan layanan pemesanan tiket transportasi umum salah satunya pesawat. Tujuan Sidoarjo (Bandara Juanda) menjadi tiket tujuan pesawat paling banyak dipesan pada aplikasi Tokopedia.

Baca juga: Penjualan kolang-kaling hingga kelapa muda naik drastis di Tokopedia

Tokopedia juga menyediakan layanan siaran langsung Tokopedia Play yang bisa menjadi wadah interaktif pelaku usaha untuk menjual produknya. Selama Ramadhan waktu ngabuburit menjadi waktu yang paling banyak digunakan masyarakat dalam menikmati tayangan pada Tokopedia Play.

Selain memudahkan proses jual beli melalui berbagai layanan dan program yang disediakan, Tokopedia juga menjadi wadah alternatif bagi masyarakat yang ingin menjalankan ibadah zakat secara daring.

Bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan terpercaya dan terverifikasi, Tokopedia berhasil mengumpulkan zakat senilai lebih dari Rp5 miliar selama periode Ramadhan hingga Lebaran tahun 2023.

Baca juga: Kiat belanja bijak saat promo di "e-commerce"

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023