Pekanbaru (ANTARA) - Tokopedia dan Lembaga Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Riau menyalurkan sebanyak 125 paket zakat fitrah berupa beras dan uang tunai untuk para dhuafa di Kabupaten Kampar, Pelalawan, Siak, Bengkalis, dan Kota Pekanbaru pada 4-5 April 2024.

Para penerima manfaat adalah warga dari kabupaten setempat yang telah diverifikasi oleh pemerintah terkait. Mereka merupakan buruh harian lepas, petani, nelayan, pedagang kaki lima, dan lainnya dari keluarga tidak mampu.

"Semoga zakat fitrah dan santunan tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan pokok dhuafa dalam menghadapi Lebaran 2024," kata Koordinator Program IZI Riau Abdul Ghofur di Pekanbaru, Jumat.

Baca juga: RS Awal Bros Pekanbaru serahkan zakat mal Rp750 juta ke Baznas Riau

Menurut dia, pihaknya mengapresiasi Tokopedia yang telah mempercayakan IZI sebagai jembatan dalam penyaluran zakat fitrah kepada masyarakat di lima kabupaten/kota di Riau.

"Terima kasih kepada Tokopedia telah berbagi berkah bersama kaum duafa dan semoga kegiatan ini terus berlanjut pada tahun berikutnya. Berkah selalu untuk para donatur Tokopedia," katanya.

Ghofur mengatakan aksi berbagi berkah ini bisa menjadi pahala dan amal kebaikan untuk donatur juga kepada para penerima manfaat.

Baca juga: Bantuan kemanusiaan disalurkan IZI-Yayasan Cendekia bagi dhuafa Riau

Nenek Zainab salah satu penerima manfaat zakat fitrah dan uang tunai menyampaikan terima kasih kepada Tokopedia karena santunan tersebut telah mengurangi beban kebutuhan menjelang Lebaran 2024

"Terima kasih donatur dari Tokopedia dan IZI Riau semoga dilimpahkan keberkahan pada bulan Ramadhan bulan mulia ini," katanya.

Paket zakat fitrah merupakan salah satu dari program booking berkah Ramadhan oleh IZI yang terus dimaksimalkan pada Ramadhan hingga memasuki Lebaran.

Baca juga: Gubernur Riau berupaya entaskan kemiskinan ekstrem melalui zakat

Sedangkan penyaluran paket zakat fitrah ditujukan kepada para penerima manfaat seperti fakir miskin, amil, mualaf, dan fiisabilillah. Donasi masih terus dibuka selama Ramadhan 2024.
 

Pewarta: Frislidia
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024