Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyampaikan program renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) merupakan upaya TNI AD membantu masyarakat dalam masa pemulihan pascapandemi COVID-19.

Dudung menjelaskan TNI AD memahami banyak warga terdampak krisis kesehatan dan ekonomi akibat pandemi sehingga renovasi bentuk TNI AD hadir untuk membantu kesulitan yang dihadapi masyarakat.

“Rehabilitasi RTLH ini adalah upaya TNI Angkatan Darat dalam melaksanakan arahan Presiden RI berkaitan dengan kondisi pasca-COVID-19 mengingat banyak masyarakat terdampak masalah ekonomi seperti pengangguran akibat PHK dan sebagainya,“ kata Kasad dalam sambutannya saat memulai renovasi 34 rumah tidak layak huni  (RTLH) di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa.

Usai memulai renovasi rumah, Kasad kemudian berbincang dengan beberapa warga yang rumahnya diperbaiki TNI AD.

Dia berharap program renovasi itu menjadi berkah dan bermanfaat bagi warga yang membutuhkan.

Baca juga: Kasad minta prajurit yang berangkat ke Papua jangan langgar aturan

Kasad sebagaimana dikutip dari siaran tertulis Dinas Penerangan TNI AD di Jakarta, Selasa, menyampaikan bahwa tidak hanya renovasi rumah, TNI AD mendukung berbagai kegiatan pemerintah terkait dengan ketahanan pangan (food estate), dan ketahanan sumber daya air (manunggal air).

“Perintah saya kepada seluruh jajaran agar babinsa (bintara pembina desa) masuk dapur warga,” kata Kasad.

Kepala Staf TNI AD bersama jajaran pejabat Mabes TNI AD memulai kunjungan kerja di Sulawesi Selatan sejak Senin (8/5). Dudung memanfaatkan kunjungan kerja itu untuk mengecek secara langsung kesiapan prajurit yang akan diberangkatkan ke Papua.

Baca juga: Kasad lanjut cek kesiapan pasukan ditugaskan ke Papua di Bone

Di Markas Batalyon Infanteri Para Raider 433/Julu Siri di Maros, Senin (8/5), Dudung memerintahkan para prajurit agar senantiasa waspada dan tidak melanggar peraturan.

Instruksi yang sama disampaikan Kasad saat mengecek kesiapan pasukan di Markas Batalyon Infanteri 726/Tamalatea di Bone, Selasa.

“Berangkat tugas harus niatnya tulus. Jangan punya pikiran jelek sedikit pun. Berdoalah kembali dari tugas dalam keadaan selamat dan berhasil,” katanya kepada para prajurit.

Di lokasi yang sama, Kasad meminta para istri prajurit mendoakan pasangannya sehingga mereka dapat menyelesaikan tugas dengan lancar.

“Saya berpesan kepada ibu-ibu, doakan agar para suaminya dapat melaksanakan tugas dengan lancar dan aman,” kata Kasad..

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023