Jakarta (ANTARA) - Beragam berita ekonomi dari Kantor Berita ANTARA menarik perhatian pembaca pada Selasa (9/5), mulai dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang menargetkan bisa mencetak 1.000 peneliti muda dari Indonesia Timur hingga Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak yang membahas peningkatan kerja sama ekonomi dalam pertemuan bilateral di sela-sela KTT ASEAN.

Berikut rangkuman berita pilihan untuk Anda simak pada Rabu ;

Kemenperin target cetak 1.000 peneliti Gen Z dari Indonesia timur

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan bisa mencetak 1.000 peneliti muda dari Indonesia Timur melalui pengembangan pendidikan dan pelatihan vokasi di SMK-SMTI Makassar dalam program From East to be the Best Young Scientist.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Masrokhan mengatakan program tersebut dimulai dari workshop keilmiahan online dengan output berupa gagasan-gagasan terbaik dari para siswa-siswi di Indonesia.

Berita selengkapnya


Erick: Penyatuan manajemen pengelolaan dapen BUMN akhir bulan ini

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menargetkan penyatuan manajemen pengelolaan dana pensiun - dana pensiun (dapen) BUMN pada akhir bulan ini.

"Targetnya, akhir bulan ini, manajemen pengelolaan dapen-dapen BUMN akan menjadi satu," ujar Erick dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Berita selengkapnya
World Bank beri tiga cara untuk promosikan ketahanan ekonomi di RI

Country Director World Bank(Bank Dunia) Indonesia Satu Kahkonen menyoroti tiga jalur pelengkap (complementary pathways) untuk mempromosikan ketahanan ekonomi di Indonesia ke depan.

Jalur pertama adalah penciptaan mata pencaharian yang berkelanjutan.

“Cara paling berkelanjutan untuk keluar dari kemiskinan adalah bekerja. Namun di Indonesia, pekerjaan seringkali tidak cukup untuk keluar dari kemiskinan. Petani menderita karena produktivitas rendah, sehingga membatasi pendapatan mereka,” ujarnya dalam acara peluncuran Laporan “Pathways Towards Economic Security: Indonesia Poverty Assesment oleh World Bank (Bank Dunia) di The Energy Building, Sudirman Central Business District (SCBD) Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa.

Berita selengkapnya  

Indonesia-Timor Leste bahas peningkatan kerja sama ekonomi

Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak membahas peningkatan kerja sama ekonomi ketika kedua pemimpin melakukan pertemuan bilateral di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Menurut Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, di Labuan Bajo, Selasa, kedua pemimpin membahas peningkatan kerja sama ekonomi di wilayah perbatasan sebagai tindak lanjut hasil pertemuan saat PM Ruak melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Berita selengkapnya
Indonesia-Vietnam optimistis target peningkatan perdagangan tercapai

Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh sama-sama menyatakan optimistis dapat mencapai target peningkatan perdagangan antara kedua negara sebesar 15 miliar dolar AS pada 2028.

Menurut Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, hal itu diutarakan kedua pemimpin saat melakukan pertemuan bilateral di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Selasa.

Berita selengkapnya


Baca juga: Kemarin, okupansi hotel KTT ASEAN hingga kartu kredit pemerintah
Baca juga: Kemarin komitmen dukung produk lokal hingga perbaikan jalan di Lampung
Baca juga: Kemarin, harga pangan di Indonesia timur hingga dana hibah ke Fiji

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023