Jakarta (ANTARA) - Beragam berita ekonomi dari Kantor Berita ANTARA menarik perhatian pembaca pada Senin (8/5/2023), seperti Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan KTT ASEAN ke-42, Labuan Bajo, NTT, berdampak pada tingkat keterisian hotel mencapai 100 persen, hingga Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh kementerian, lembaga nonkementerian, dan pemerintah daerah (pemda) menggunakan kartu kredit pemerintah,

Berikut rangkuman berita pilihan untuk disimak pada Selasa ini.


Sandiaga: KTT ASEAN sebabkan okupansi hotel capai 100 persen

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 yang digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) berdampak pada tingkat keterisian hotel mencapai 100 persen.

"KTT ASEAN sendiri ini dampaknya luar biasa tingkat hunian hotelnya sudah 100 persen semua," ujar Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar di Jakarta, Senin.

Berita selengkapnya BI sebut belum ada rencana naikkan suku bunga acuan untuk 2023

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan BI belum memiliki rencana untuk kembali menaikkan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 5,75 persen untuk tahun ini mengingat sudah memadai.

“Kami masih tetap sama, 5,75 persen itu telah memadai sejak Januari 2023. Dengan memadai itu, kami belum ada rencana untuk menaikkan kembali, sebagaimana cerminan dari Februari, Maret, April kami tidak menaikkan suku bunga,” kata Perry dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) di Jakarta, Senin.

Berita selengkapnya Jokowi minta kementerian dan lembaga gunakan kartu kredit pemerintah

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh kementerian, lembaga nonkementerian, dan pemerintah daerah (pemda) menggunakan kartu kredit pemerintah untuk berbelanja produk-produk dalam negeri.

"Saya minta seluruh kementerian, lembaga dan pemerintah daerah untuk menggunakan kartu kredit pemerintah serta mendukung perluasan QRIS (Kode QR Standar Indonesia) antarnegara," kata Jokowi saat memberikan sambutan secara daring di Festival Keuangan Ekonomi Digital 2023 di Jakarta, Senin.

Berita selengkapnya Presiden Jokowi: Inovasi sistem pembayaran digital perlu diperkuat

Presiden Joko Widodo menekankan bahwa inovasi dalam sistem pembayaran berbasis digital seperti kartu kredit pemerintah perlu terus diperkuat guna mempermudah belanja pemerintah pusat dan daerah, meningkatkan efisiensi serta transparansi, dan memudahkan pertanggungjawaban penggunaan belanja pemerintah.

“Kunci untuk terus tumbuh dan berkembang adalah inovasi dan kepercayaan, (yakni) inovasi dalam penyediaan sistem pembayaran berbasis digital serta keamanan dan perlindungan masyarakat,” kata dia dalam pembukaan Festival Ekonomi Keuangan Digital (Fekdi) secara virtual di Jakarta, Senin.

Berita selengkapnya AP I menyiapkan 36 "parking stand" di empat bandara selama KTT ASEAN

PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I menyiapkan 36 parking stand di empat bandara dalam mendukung penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN 2023, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9-11 Mei.

"PT Angkasa Pura I siap untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 melalui dukungan infrastruktur bandara untuk melayani kedatangan dan keberangkatan delegasi peserta KTT serta lokasi parkir pesawat para delegasi, baik itu pesawat kepresidenan maupun delegasi pendukung," kata Direktur Utama AP I Faik Fahmi dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.​​​​​​​

Berita selengkapnya

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023