Masyarakat Indonesia yang melancong ke Negara Malaysia dapat memindai QR Cross Border atau DuitNow QR Code di toko yang berpartisipasi.
Jakarta (ANTARA) - Penyedia dompet digital DANA memastikan para pengguna dapat bertransaksi dengan menggunakan kode Q di Malaysia, setelah implementasi interkoneksi pembayaran berbasis kode QR kedua negara.

"Guna memberikan pengalaman bertransaksi digital yang optimal di negara-negara penyelenggara QR Cross Border, kami akan senantiasa membekali dompet digital DANA dengan teknologi yang aman dan terpercaya," kata CEO dan pendiri DANA Indonesia Vince Iswara dalam siaran pers, diterima di Jakarta, Rabu.

Agenda standardisasi pembayaran lintas negara melalui interkoneksi kode QR antarnegara merupakan salah satu prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia 2022  dan Pertemuan Gubernur Bank Sentral ASEAN 2022.

Pembayaran lintas negara diawali dengan dengan negara Thailand pada Agustus 2022 lalu dan dilanjutkan dengan negara Malaysia, setelah melewati fase uji coba dan fase komersial.

Baca juga: Dinas Koperasi UKM Medan sambut baik perluasan QRIS di ASEAN

Kerja sama interkoneksi pembayaran antaranegara tersebut dapat direalisasikan berkat kolaborasi antar pelaku industri yang difasilitasi oleh Bank Indonesia (BI) dan Bank Negara Malayasia (BNM) bekerja sama dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), PayNet, dan lembaga keuangan yang berpartisipasi.

Bagi DANA, ini menjadi pencapaian baru setelah sebelumnya juga menghadirkan layanan pembayaran dengan kode QR lintas negara di Thailand.

Setelah Thailand, kini masyarakat Indonesia yang melancong ke Negara Malaysia dapat memindai QR Cross Border atau DuitNow QR Code di toko yang berpartisipasi dalam skema ini melalui aplikasi DANA.

Begitu pula turis Malaysia yang melancong ke Indonesia, dapat melakukan pembayaran di penjual yang memiliki QRIS DANA.

"Harapannya, keikutsertaan DANA dalam implementasi QR Cross Border, dapat berkontribusi dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan sesuai arahan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 dari Bank Indonesia," kata Vince.

Selain mengimplementasikan QR lintas negara, partisipasi DANA dalam mendorong adopsi QRIS di Indonesia masih terus dijalankan dengan berbagai upaya, mulai dari memberikan kemudahan proses onboarding mitra maupun menjaga keamanan pembayaran bertransaksi digital.

Pengguna QRIS DANA mencapai lebih dari 24,9 juta penjual yang tergabung dalam jaringan QRIS nasional, jumlah itu termasuk 500.000 UMKM mitra DANA Bisnis.

Baca juga: Jalin dan LinkAja memperluas implementasi QRIS hingga ke Malaysia

Baca juga: BRI catat transaksi QRIS naik 1.000 persen pada libur Lebaran

Baca juga: Dompet digital DANA cetak 9 juta transaksi harian

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023