Jakarta (ANTARA News) - Garuda Kukar Bandung menumbangkan Satya Wacana LBC Angsapura Salatiga dengan skor telak 80-49 dan membuktikan tekad mereka untuk tampil konsisten di setiap pertandingan.

Bermain di Gedung Basket Gelora Bung Karno Jakarta, Senin petang, pada lanjutan Seri II Liga Bola Basket Nasional (NBL), serangan-serangan Garuda yang dimotori "shooting forward" Ramli Hendru dan "power forward" Vinton Surawi berhasil menghancurkan Angsapura.

Ramli menjadi bintang dengan torehan 17 angka dan tiga "block". Sementara Vinton menyumbangkan 12 angka, delapan "rebounds" dan tiga "assist".

Di kuarter pertama, pola penjagaan terhadap para pemain Garuda kurang dijalankan dengan baik oleh Angsapura. Vinton dengan Fadlan berhasil mencuri posisi beberapa kali dan melesatkan tembakan dua angka.

Angsapura juga mencoba mengawal pergerakan forward Garuda dan memanfaatkan kelengahan anak-anak Bandung saat menyerang sehingga bisa menorehkan beberapa angka lewat "guard" andalan Yo Sua. Skor kuarter pertama 17-11 untuk kemenangan Garuda.

Di kuarter kedua, Vinton yang terus memanfaatkan rebound berhasil mencatat akurasi hingga 100 persen dengan torehan tujuh poin.

Sebaliknya, Angsapura yang dimotori "guard" Respati Pamungkas sempat melakukan pergerakan yang cukup baik dan mampu menyumbangkan tiga angka dalam torehan 24 angka.

Pergerakan Vinton dan Fadlan di kuarter ketiga tak terbendung. Mereka mampu mencari posisi dengan baik di bawah ring. Angsapura tidak mau tinggal diam dengan mencoba fokus pada aliran bola ke para pemainnya yang berusaha membuka celah pertahanan Garuda. Namun, Garuda dengan "guard" Wendha Wijaya dan juga Ramli terus menekan dan enggan memberikan kesempatan kepada Angsapura untuk mengembangkan permainan.

Aksi gemilang Vinton berlanjut dengan "offensive rebound" yang baik dan berhasil menyumbangkan lima angka. Ditambah juga dengan akurasi Fadlan yang menghasilkan enam angka di kuarter ini.

Namun keunggulan sempat membuyarkan konsentrasi Garuda, ketika Vinton malah memberikan umpan yang berujung out dan membuang kesempatan tum. Skor kuarter ketiga berakhir 58-36.

Pemain debutan Angsapura, Yoppie Gay, membuktikan kepercayaan pelatih Simon Wong dengan "block" gemilangnya terhadap Ramli Hendru.

Aksi itu juga sempat memulihkan semangat anak-anak Salatiga.Namun, selanjutnya pergerakan pemain Angsapura tidak mampu menahan laju anak-anak Bandung.

"Guard" Budi Sucipto sempat menyumbangkan poin yang membuktikan masih adanya perlawanan Angsapura. Namun serangan Ramli Hendru, Wendha dan juga Vinton tidak mampu dibendung dengan baik oleh Angsapura.

Ramli dan Vinton berhasil mencuri posisi untuk selanjutnya melakukan "offensive rebound" dan menyumbangkan angka untuk Garuda. Ramli mengukuhkan posisinya sebagai peraih poin terbanyak di kuarter ini dengan sumbangan enam poin dari total 17 poin.

Hasil ini membawa Garuda kokoh di papan atas klasmen NBL dengan perolehan 13 poin dari delapan kali bermain dan lima kali memenangkan pertandingan.

(I029/M019)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013