Wenchang, China (ANTARA) - Wahana antariksa kargo China Tianzhou-6 siap diluncurkan, demikian publikasi Situs Peluncuran Wahana Antariksa Wenchang yang berada di bawah naungan Pusat Peluncuran Satelit Xichang di Provinsi Hainan, pulau di China selatan.

Peluncuran Tianzhou-6 akan menjadi penerbangan luar angkasa pertama sejak stasiun luar angkasa China memasuki tahap pengaplikasian dan pengembangan.

Situs tersebut telah menyelesaikan semua persiapan dan gladi bersih untuk peluncuran, yang mencakup seluruh sistem terkait secara komprehensif.

Proses ini termasuk pula pengisian bahan bakar wahana kargo serta pemindahan kombinasi roket-wahana antariksa ke area peluncuran.

"Ini merupakan gladi bersih paling ekstensif sebelum peluncuran dan juga gladi bersih gabungan terakhir," tutur Zhong Wen'an, chief engineer di Pusat Peluncuran Satelit Xichang.

Sistem meteorologi di situs peluncuran itu telah memperkuat pemantauan meteorologinya guna memastikan prakiraan cuaca yang akurat.

"Peralatan dan fasilitas berada dalam kondisi baik," ujar Zhong.

Kombinasi wahana antariksa kargo Tianzhou-6 dan roket pengangkut Long March-7 Y7 telah dipindahkan secara vertikal ke area peluncuran pada Minggu (7/5)
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023