Dengan semangat untuk menyukseskan puncak acara KTT ke-41 ASEAN ini, JAS Airport Services sangat bangga mendapatkan kepercayaan dan kesempatan untuk dapat melayani penerbangan dua dari 11 kepala negara anggota ASEAN, mulai dari kedatangan hingga bert
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Angkasa Semesta (JAS Airport Services), penyedia layanan ground handling turut mendukung penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, dengan menangani kedatangan pesawat kepala negara anggota ASEAN.

Penanganan kedatangan pesawat itu dilakukan di Labuan Bajo, tempat diselenggarakannya KTT ASEAN, dan Denpasar (alternate airport).

"Dengan semangat untuk menyukseskan puncak acara KTT ke-41 ASEAN ini, JAS Airport Services sangat bangga mendapatkan kepercayaan dan kesempatan untuk dapat melayani penerbangan dua dari 11 kepala negara anggota ASEAN, mulai dari kedatangan hingga bertolak kembali ke negara asalnya," kata Presiden Direktur & CEO JAS Airport Services Adji Gunawan dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Baca juga: TNI koordinasi dengan BMKG untuk modifikasi cuaca selama ASEAN Summit

Ia mengatakan JAS Airport Services melayani penerbangan kepala negara beserta delegasinya dari Filipina dan Brunei Darussalam mulai 9 hingga 11 Mei 2023.

Sebelumnya, untuk penanganan penerbangan Sultan Brunei Darussalam sesuai rencana melakukan transit terlebih dahulu di Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar menggunakan pesawat B747 kemudian lanjut bertolak ke Labuan Bajo menggunakan dua pesawat A320 milik Royal Brunei Airlines.

Adji mengatakan JAS Airport Services berkomitmen untuk menyediakan layanan ground handling yang prima dan mendukung kesuksesan KTT ASEAN.

"Kami berharap dapat memberikan pengalaman yang lancar dan nyaman bagi para delegasi negara serta menjaga keamanan dan ketepatan waktu dalam operasional penerbangan," ucap Adji.

Menurut Asdji, JAS Airport Service senantiasa terus mendukung tumbuhnya industri penerbangan Indonesia dengan selalu berupaya untuk memberikan kontribusi terbaiknya bagi dunia kebandarudaraan Indonesia. "Serta memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh costumer dan stakeholder dengan memenuhi standar sertifikasi internasional dalam melayani berbagai maskapai asing yang datang ke Indonesia," kata Adji.

Hal itu, kata dia, terwujud dengan re-sertifikasi ISAGO oleh IATA (Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional/International Air Transport Association) yang diterima pada Juni 2022 lalu untuk empat stasiun PT Jasa Angkasa Semesta, yaitu Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK), Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS), Bandara Internasional Juanda (SUB), dan Bandara Internasional Kualanamu (KNO).

Baca juga: Panglima TNI sebut tidak ada hambatan saat ASEAN Summit di Labuan Bajo

ISAGO merupakan sistem yang diakui secara internasional untuk menilai manajemen operasional dan sistem kontrol dari sebuah organisasi yang menyediakan layanan ground handling untuk maskapai penerbangan.

JAS Airport Services mencatat pada awal Mei 2023 juga telah berhasil meraih sertifikasi facility security requirements/FSR) dari the Transported Asset Protection Association (TAPA) yang merupakan asosiasi global yang mewadahi sejumlah organisasi pada industri supply chain yang bertujuan untuk menjunjung tinggi standar tertinggi dalam ketahanan dan keberlanjutan rantai pasok.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023