kemampuan guru menguasai literasi bercerita sangatlah sesuai dalam menanamkan karakter dan akhlak
Pontianak (ANTARA) - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kubu Raya mewajibkan semua guru Sekolah Dasar (SD) kelas bawah mengikuti Pelatihan "Literasi Bercerita bagi Guru" sebagai bentuk penguatan literasi.

"Penguatan literasi bercerita bagi guru ini sebagai upaya mengembangkan dan mengasah kemampuan guru dalam mengajar dengan model bercerita atau mendongeng," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kubu Raya, Muhammad Ayub, Rabu.

Ayub menjelaskan bahwa ini merupakan upaya Disdikbud Kabupaten Kubu Raya dalam memantapkan dan menyukseskan pelaksanaan merdeka belajar dengan menguatkan literasi bagi guru.

Menurutnya, kemampuan guru dalam menguasai literasi bercerita perlu dikembangkan dan ditingkatkan karena metode bercerita merupakan metode yang dapat digunakan guru untuk memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik.

"Target pendidikan di era merdeka belajar menuju Profil Pelajar Pancasila, sehingga kemampuan guru menguasai literasi bercerita sangatlah sesuai dalam menanamkan karakter dan akhlak baik kepada peserta didik," katanya.

Baca juga: Iriana mendongeng kepada anak-anak di Labuan Bajo
Baca juga: Senang mendongeng, Istri Anies edukasi peserta PAUD Jakut


Kemudian, dia menjelaskan pelatihan ini akan diselenggarakan di tiap rayon gugus sekolah dengan jumlah guru 20-30 orang saja agar dapat diikuti secara fokus dan lebih mudah bagi narasumber dalam pendampingannya kepada peserta.

"Untuk tahap awal baru dilakukan di tingkat SD, khususnya guru kelas bawah dan sudah dilakukan sejak 9 Maret 2023. Sementara ini sudah dilaksanakan di tiga kecamatan, yaitu Sungai Raya, Sungai Kakap, dan Sungai Ambawang," kata dia.

Dia mengatakan pelatihan ini akan terus berlanjut hingga ke sema gugus. Setiap gugus akan dilaksanakan selama 3 hari sesuai dengan target kurikulum pelatihan yang sudah disediakan.

Baca juga: KAI Purwokerto gelar acara "Mendongeng Bersama 1.001 Anak"
Baca juga: Pemerhati: Guru PAUD dituntut bisa mendongeng

 

Pewarta: Rendra Oxtora dan Ananda Alifia Putri
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023