Jakarta (ANTARA) — Sebuah instansi perusahaan akan berkembang lebih baik jika di dalamnya terdapat karyawan yang memiliki keahlian dan etos kerja tinggi. Seperti yang kita ketahui, sebuah perusahaan mampu berdiri dengan gagah jika memiliki unsur-unsur pembangun seperti tempat atau lokasi beserta bangunan yang memadai, pemimpin perusahaan yang berintegritas, dan karyawan yang berkualitas.
 
Karyawan dengan keahlian yang berkualitas menjadi aset terpenting bagi sebuah perusahaan. Bagaimana tidak? Sosok tenaga kerja menjadi faktor utama dalam penegakkan visi dan misi sebuah perusahaan. Setiap perusahaan memiliki visi dan misi yang berbeda. Maka dari itu, diperlukan pengembangan karyawan.

Tujuan Pelaksanaan Pengembangan Karir Karyawan
Tingkat produktivitas perusahaan menjadi hal pokok yang membutuhkan pengawasan dan perhitungan yang tepat. dari sinilah, owner atau pemilik perusahaan mampu memantau apakah bisnis yang selama ini dibangun berkembang pesat, tidak ada perkembangan atau justru menghantarkan pada peristiwa kebangkrutan.

Siapa sangka bahwa pengembangan potensi karir karyawan menjadi tanggungjawab perusahaan. Semakin baik perusahaan meningkatkan potensi kinerja tenaga kerja, maka semakin baik pula buah yang akan dihasilkan. Dengan melaksanakan pengembangan potensi keahlian karyawan dan menerapkan kerja cerdas, maka pemilik akan berkesempatan mendapatkan keuntungan yang tak terduga.

Cara Cerdas Mengembangkan Karir Karyawan
Tak banyak perusahaan yang tau dan mampu menerapkan cara cerdas dan professional dalam hal pengembangan potensi karir karyawan. Berikut beberapa tips cerdas dan professional yang dapat diterapkan dalam hal pengembangan karir karyawan agar memberikan perubahan positif bagi perusahaan:

1. Membuka Training atau Pelatihan Khusus

Hal paling utama dan wajib dilakukan perusahaan untuk memiliki karyawan dengan potensi maksimal ialah memberikan pelatihan khusus yang mampu mengasah, dan menambah keahlian baru bagi tenaga kerja. Secara umum, pelatihan atau training terbagi menjadi dua jenis yakni External Training atau diartikan sebagai pelatihan diluar perusahaan di mana beberapa karyawan dikirimkan ke sebuah instansi atau lembaga pelatihan yang sesuai dengan visi misi perusahaan.

Kuncie Bisnis hadir dengan menawarkan lebih dari pelatihan yang berkualitas. Ada beberapa keunggulan yang bisa kalian dapatkan ketika Anda ikut daftar pelatihan dan di antaranya ialah :

• Sistem belajar yang fleksibel, membuat karyawan mampu meningkatkan skill tanpa harus mengorbankan produktivitas kerja.
• Miliki pemimpin perusahaan terbaik yang dibimbing langsung oleh para mentor ahli.
• Miliki talenta profesional terbaik di berbagai bidang yang dibutuhkan industri yang dibimbing langsung oleh para praktisi berpengalaman.
• Terhubung dengan talenta profesional berkualitas untuk mengisi posisi yang Anda cari.
• Lebih praktis hadirkan konten pembelajaran berkualitas di platform Anda.
• Bangun komunitas pelanggan yang kuat dengan hadirkan program pembelajaran menarik!
• Monitor perkembangan karyawan dengan Learning Management System (LMS) dari Kuncie.

Nah selain eksternal training, ada pula Internal Training yang diartikan sebagai pelatihan yang dilakjukan di dalam sebuah instansi perusahaan. Maksudnya, para tenaga kerja akan dilatih oleh para ahli professional tanpa harus berpindah atau meninggalkan lokasi.

2. Fasilitas Tambahan Pendidikan Formal

Pengembangan potensi dan kehalian karyawan pun dapat dilakukan dengan memberikan tambahan Pendidikan formal. Tak semua tenaga kerja mampu mendapatkan fasilitas ini, melainkan hanya beberapa karyawan terpilih saja yang dianggap cakap, memiliki kemampuan khusus dan layak mendapatkan pengasahan kemampuannya.

3. Melimpahkan Tanggungjawab dan Tugas Tambahan

Pelimpahan tugas tambahan atau dalam dunia bisnis disebut dengan Job Enrichment. Konsep dari Job Enrichment ialah penambahan tugas dan tanggungjawab kepada seorang karyawan yang memiliki kemampuan lebih menonjol dalam sebuah department.

4. Menerapkan Rolling atau Rotasi Kerja

Rotasi Kerja nyatanya mampu mengembangkan potensi karir karyawan. Sebuah perusahaan yang menerapkan rotasi kerja biasanya berlangsung selama mingguan atau bulanan. Cara ini biasa dilakukan dalam setiap department atau antar department. Konsep yang diterapkan dalam rotasi kerja ialah memindahkan karyawan dari department satu ke department lainnya.

Secara umum, tujuan diadakannya rolling ini ialah memberikan karyawan ilmu, tantangan baru. Dengan demikian, setiap karyawan mampu merasakan kenyamanan serta kesulitan yang terkandung dalma setiap department.

5. Teknik Bimbingan atau Coaching

Memberikan bimbingan atau arahan menjadi hal penting dalam pengembangan karir karyawan. Nyatanya, teknik Coaching mampu memberikan kebebasan karyawan untuk bertanya dan meminta bantuan arahan kepada sang atasan yang bertugas sebagai pemimpin untuk memahami segala aspek yang tidak atau kurang dipahami selama mengerjakan sesuatu.

Hal ini lah yang menjadi tolak ukur teknik bimbingan, di mana transfer ilmu sangat mudah dilakukan dengan menghilangkan rasa segan dan taku yang berlebihan kepada atasan. Sudut pandang lain, pemimpin perusahaan mampu menilai kinerja dan perilaku setiap karyawan selama bekerja.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023