Labuan Bajo (ANTARA) - Lagu berjudul Puspa Warni yang dikomposeri oleh Guruh Soekarnoputra membuka acara Welcoming Dinner Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu.

Lagu tersebut dinyanyikan oleh grup musik Gamaliel Audrey Cantika (GAC) yang beranggotakan dua orang perempuan dan satu laki- laki, serta diaransemen oleh Ronald Steven.

“Subur, suburlah tanahmu. Makmur, negeriku. Permai nian pemandangan” seperti itu penggalan lirik dari lagu Puspa Warni yang dinyanyikan dalam Welcoming Dinner perhelatan akbar antar negara- negara Asia Tenggara.

Lagu tersebut pada saat dilantunkan diiringi dengan tarian-tarian oleh para penari yang mengenakan pakaian adat nusantara.

Setelah nyanyian dan tarian tersebut, kemudian acara dilanjutkan dengan dibuka oleh Host Karina Basrewan, yang kemudian mempersilahkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk memberikan sambutannya.

Setelahnya, Presiden Jokowi mengucapkan selamat datang kepada seluruh hadirin, terutama para delegasi dari negara anggota- anggota ASEAN.”Welcome to labuan bajo, the most beautiful place in Indonesia,” ujar Presiden Jokowi.

Dia mengajak para delegasi negara anggota ASEAN untuk menikmati makan malam yang disediakan, menikmati Labuan Bajo, dan menikmati pertunjukan yang disajikan.

“Enjoy the dinner enjoy labuan bajo, and enjoy the show,” ujar Presiden Jokowi.

Sebagaimana diketahui, KTT Ke-42 ASEAN berlangsung di Labuan Bajo, NTT pada 9 hingga 11 Mei 2023, yang dihadiri sejumlah pemimpin negara ASEAN yang akan membahas isu-isu yang menjadi kepentingan bersama di bawah Keketuaan Indonesia.

Dalam keketuaan ini, Indonesia mengangkat tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth", sebagai salah satu pembahasan penting dalam KTT Ke-42 ASEAN, serta para pejabat tinggi akan membahas rancangan Visi ASEAN Pasca 2025 menuju ASEAN 2045 yang akan diarahkan oleh para pemimpin ASEAN.

 

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023