Lanzhou (ANTARA) - Provinsi Gansu di China barat laut mencatatkan peningkatan perkembangan energi baru yang signifikan seiring upaya negara itu untuk mengurangi emisi karbon.

State Grid Gansu Electric Power Company pada Rabu (10/5) menjelaskan per 30 April 2023, kapasitas pembangkit listrik terpasang di Gansu telah mencapai 70,71 juta kilowatt (kW), dengan kapasitas terpasang listrik energi baru mencakup 53,8 persen.

Perusahaan itu menyebutkan bahwa dalam empat bulan pertama 2023, total pembangkit listrik di provinsi tersebut mencapai 65,7 miliar kWh, dengan output pembangkit listrik energi baru mencakup lebih dari 30 persen di angka 20,6 miliar kWh.

Gansu, yang kaya akan sumber daya energi angin dan surya, telah meningkatkan pengembangan energi baru dalam beberapa tahun terakhir.

Sejak 2021, kapasitas pembangkit listrik terpasang dari sejumlah proyek energi baru telah meningkat sebesar 14,37 juta kW. Capaian itu mencakup sekitar 99 persen dari total kapasitas pembangkit listrik yang baru terpasang di provinsi tersebut.

Pada 2023, Gansu akan meningkatkan kapasitas terpasang listrik energi baru yang terhubung ke jaringan listrik China sebesar 12 juta kW.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023