Semarang (ANTARA) - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah Rahmat Dwisaputra mengakui bahwa tahun politik biasanya menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi seiring dengan meningkatnya pengeluaran.

"Memang bahwa menjelang tahun politik ini pasti ada peningkatan pengeluaran. Pengeluaran itu artinya mendorong pertumbuhan konsumsi domestik maupun LNPRT atau lembaga nonprofit," katanya di Semarang, Rabu.

Lembaga Non Profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT) yang dimaksudkan, antara lain organisasi kemasyarakatan, organisasi sosial, organisasi profesi dan serikat buruh, dan partai politik.

Menurut dia, pihaknya juga sudah menghitung bahwa dampak dari beberapa kali tahun politik yang diramaikan dengan berbagai kegiatan perpolitikan memberikan sumbangan 0,24 persen terhadap pertumbuhan ekonomi.

"Hitung-hitungan kami kemarin, dampak dari beberapa kali kita melakukan tahun politik dengan kegiatan kampanye, kegiatan dari tahun politik, memberikan sumbangan 0,24 persen terhadap pertumbuhan ekonomi," katanya.

Pada tahun ini menjelang Pemilihan Umum 2024, Rahmat memperkirakan kemungkinan besar akan sama, sebab tingkat konsumsi juga akan meningkat yang berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi.

"Kalau dari rata-rata, kemungkinan besar akan sama. Dipengaruhi konsumsi untuk alat kampanye, spanduk, umbul-umbul, persewaan transportasi. Kan juga membutuhkan kegiatan bereven. Pasti ada pengeluaran," pungkasnya.

Pada tahun depan, dua pesta demokrasi terbesar bagi rakyat Indonesia, yakni Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) akan digelar secara serentak pada 14 Februari 2024.

Masih di tahun yang sama, beberapa bulan setelah itu akan disusul dengan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan serentak digelar pada November 2024.

Baca juga: BI sebut inflasi periode Lebaran di Jateng tahun ini terendah
Baca juga: BI perkirakan kinerja investasi Jateng kian meningkat
Baca juga: BI Jateng imbau gerai dan tempat ibadah cek QRIS berkala

 

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023