Denpasar (ANTARA) - Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins menawarkan kerja sama mewujudkan transportasi berkelanjutan yakni kereta api ringan (Light Rail Transit/LRT) kepada Pemerintah Provinsi Bali guna mendukung upaya dekarbonisasi atau mengurangi emisi karbon dari transportasi publik.

"Ini adalah salah satu bidang keahlian yang dapat ditawarkan Inggris seiring dengan dukungan berkelanjutan kami terhadap elektrifikasi bus TransJakarta," kata Owen Jenkins melalui keterangan tertulis di Denpasar, Rabu.

Ia mengaku tertarik untuk membahas transportasi berkelanjutan LRT yang rencananya menghubungkan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan kawasan wisata utama di Kabupaten Badung.

Selain itu, ia juga tertarik mempelajari lebih lanjut tentang rencana Pemerintah Provinsi Bali untuk mendekarbonisasi sistem transportasi publik setempat.

Untuk menjajaki potensi kerja sama transportasi LRT itu, Dubes Owen dijadwalkan mengunjungi Pulau Dewata dan bertemu dengan Gubernur Bali Wayan Koster pada Kamis (11/5).

Selain potensi kerja sama LRT, Dubes Inggris itu juga ingin memperkuat dan meningkatkan kerja sama bidang pariwisata, pendidikan, digital, dan pengelolaan limbah.

Ia juga memuji pemerintah di Bali yang berhasil menjadi tuan rumah salah satu acara terbesar dan bergengsi di dunia, KTT G20 pada November 2022.

"Saya mengucapkan selamat kepada Indonesia, khususnya Gubernur I Wayan Koster, atas keramahan dan profesionalismenya sebagai tuan rumah yang luar biasa bagi para menteri Inggris dan Perdana Menteri Rishi Sunak di KTT G20," ucapnya.

Selama di Bali, ia juga berencana menemui Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara untuk membahas peningkatan kerja sama berbagai bidang.

Dubes Owen juga akan menyelenggarakan makan siang tertutup dengan beberapa warga negara Inggris di Bali untuk menandai penobatan Raja Charles III yang baru-baru ini diadakan pada Sabtu (6/5) dan mengucapkan terima kasih atas kontribusi mereka atas persahabatan dengan Bali yang terjalin baik.

Lawatan di Bali itu, kata dia, juga menjadi kunjungan kerja terakhir Owen Jenkins sebagai Duta Besar Inggris untuk Indonesia yang dalam waktu dekat akan segera berakhir.

Namun, ia tidak menyampaikan waktu terakhir menjabat sebagai pemimpin diplomat Inggris di Indonesia.

"Seraya saya menyampaikan perpisahan dan mengucapkan terima kasih kepada mitra kami di Bali dan seiring dengan berakhirnya masa jabatan saya sebagai Duta Besar Inggris, saya sangat yakin hubungan kami dengan provinsi ini akan terus berkembang ke arah yang saling menguntungkan bagi kedua warga kami," katanya.

Baca juga: Menteri Pertanahan Korsel bertemu Gubernur Bali bahas LRT
Baca juga: Menteri PPN dan Gubernur Bali bahas percepatan pembangunan LRT
Baca juga: Gubernur Bali pastikan Israel tak ikut World Beach Game

 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023