PHR juga melesat dalam melakukan pengeboran.
Pekanbaru (ANTARA) - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) berhasil mencatat kinerja positif sepanjang tahun 2022 dengan membukukan laba bersih sebesar 1,752 miliar dolar AS, atau 254,3 persen lebih tinggi dari target sebesar 689 juta dolar AS.

"Hal itu disampaikan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahunan di Jakarta pada hari ini," kata Direktur Utama PHR Jaffee Arizon Suardin melalui pernyataannya yang diterima di Pekanbaru, Rabu.

Menurutnya, kinerja positif ini tidak lepas dari kerja tim yang solid untuk meningkatkan produktifitas dengan cara-cara yang efisien. "Ini membuktikan efektivitas strategi yang dijalankan untuk mencapai produksi migas dapat diandalkan untuk keberlanjutan produksi migas di masa mendatang," ujar Jaffee.

Ia menyatakan pula, upaya berkelanjutan efisiensi energi ditunjukkan dengan komitmen terhadap penggunaan energi hijau (green energy) dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Hal ini selaras dengan tekad Pertamina dalam mendukung akselerasi capaian net zero emission di Indonesia pada tahun 2060 dan menjadi perusahaan energi global.

Pada tahun kedua operasional pasca transisi, katanya lagi, PHR WK Rokan sempat mencapai titik tertinggi produksi mencapai 164,99 ribu barel setara minyak per hari (MBOEPD).

PHR juga melesat dalam melakukan pengeboran. Tercatat sejak alih kelola hingga April 2023, berhasil melakukan pengeboran lebih dari 660 sumur baru.

Selain itu, PHR berhasil memperpendek siklus waktu pengeboran hingga produksi awal atau Put on Production (PoP). Produksi WK Rokan ini menyumbangkan seperempat produksi minyak nasional dan 100 persen minyak yang dihasilkan untuk konsumsi kilang domestik.

"PHR berhasil merespons beragam tantangan bisnis yang terjadi di sepanjang tahun 2022. Sebagai salah satu tulang punggung migas nasional, kami terus menjaga keberlanjutan produksi migas yang didukung rencana kerja yang bertumbuh serta memelihara kehandalan aset sumur dan fasilitas produksi existing," kata Jaffee.

Dia juga mengaku optimistis bahwa PHR akan terus menunjukkan kinerja terbaiknya dengan tetap mengedepankan aspek keselamatan kerja.
Baca juga: PHR dan mitra memperkuat komitmen keselamatan dan keamanan kerja
Baca juga: Pertamina Hulu Rokan aktifkan 500 sumur minyak "nganggur" di WK Rokan

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023