"Kami mendukung pelaksanaan kirab pemilu dalam bentuk sosialisasi dengan konvoi kendaraan bermotor untuk mengarak bendera partai politik di 11 kecamatan. Setiap hari ada dua titik pelaksanaan kirab. Dan terakhir akan dilakukan di wilayah perbatasan d
Gorontalo (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo mengoptimalkan pengamanan Kirab Pemilu di sepanjang lintas Sulawesi di daerah itu yang berlangsung sejak 8 Mei hingga 12 Mei 2023.

"Kami mendukung pelaksanaan kirab pemilu dalam bentuk sosialisasi dengan konvoi kendaraan bermotor untuk mengarak bendera partai politik di 11 kecamatan. Setiap hari ada dua titik pelaksanaan kirab. Dan terakhir akan dilakukan di wilayah perbatasan di Kecamatan Tolinggula menuju Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah. Pengamanan lintas Sulawesi diperketat untuk kelancaran kirab tersebut," kata Kapolres Gorontalo Utara, AKBP Andik Gunawan, di Gorontalo, Kamis.

Pihaknya berharap, seluruh peserta kirab pun dapat tertib mengikuti konvoi. "Tetap kenakan alat keselamatan selama berkendara, fokus selama berada dalam iring-iringan kendaraan dan tidak melajukan kendaraan yang dapat mengancam keselamatan," kata Andik.

Ia turut menandatangani deklarasi pemilu sebagai sarana integrasi bangsa yang digelar pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Kepolisian wajib menjamin pengamanan untuk kelancaran seluruh tahapan pemilu di daerah itu.

"Saya mengimbau seluruh penyelenggara pemilu, juga partai politik dan masyarakat luas, dapat menyukseskan pelaksanaan kirab pemilu, serta seluruh tahapan hingga keberhasilan pelaksanaan hari pemungutan suara nanti," katanya.

Keamanan dan ketertiban daerah yang terjaga dengan baik sejak awal tahapan hingga hari ini, kata Andik pula, sangat diharapkan terus terjaga khususnya di masa kampanye nanti, hingga tuntas hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024.
 
Polres Gorontalo Utara, optimalkan pengamanan kirab pemilu dan deklarasi pemilu sebagai sarana integrasi bangsa yang digelar KPU Kabupaten. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023