...akan berunjuk rasa ke beberapa lokasi termasuk Monumen Nasional."
Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) siap mengamankan dan mengawal aksi unjuk rasa buruh pada hari Rabu yang berasal dari wilayah Bekasi, Jawa Barat.

"Rencananya, massa dari Forum Pekerja Metal dari Cikarang, Kabupaten Bekasi, akan berunjuk rasa ke beberapa lokasi termasuk Monumen Nasional," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Rikwanto di Jakarta, Rabu.

Polda Metro Jaya mendapatkan pemberitahuan rencana aksi yang diperkirakan mencapai 3.000 orang dari berbagai elemen organisasi buruh.

Kombes Rikwanto menyebutkan lokasi yang menjadi sasaran aksi unjuk rasa, yakni Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Gedung DPR, serta Bundaran Hotel Indonesia dan Monas.

Para buruh menuntut pemerintah menghapuskan jasa penyaluran tenaga kerja kontrak (outsourcing) dan penolakan penundaan upah buruh yang telah ditetapkan.

Rikwanto menyatakan Polda Metro Jaya dan jajaran menyiagakan 9.000 personil untuk mengamankan aksi demo buruh.

Pihak kepolisian akan menjaga keamanan di sekitar titik pemberangkatan, parkiran, objek vital dan lokasi menyampaikan pendapat di muka umum. (T014/A011)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013